comscore

Presiden Ukraina Sebut Rusia Ubah Donbas Jadi 'Neraka'

Marcheilla Ariesta - 20 Mei 2022 19:01 WIB
Presiden Ukraina Sebut Rusia Ubah Donbas Jadi Neraka
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebut Rusia buat Donbas seperti neraka./AFP
Kiev: Serangan baru Rusia di Donbas, Ukraina mengubah wilayah timur negara itu menjadi 'neraka'. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyampaikannya saat Amerika Serikat (AS) menyetujui paket bantuan raksasa senilai USD40 miliar untuk negara itu.

Setelah gagal merebut Kiev, Rusia memfokuskan serangannya di selatan dan timur Ukraina. Mereka menghancurkan kota-kota dan desa dengan tembakan artileri.
Pasukan Moskow berusaha untuk mengambil kendali penuh atas Donbas, daerah di Ukraina yang berbahasa Rusia dan sebagian telah dikuasai separatis pro-Kremlin sejak 2014.

"Di Donbas, penjajah berusaha meningkatkan tekanan," kata Zelensky dalam pidatonya, dilansir dari AFP, Jumat, 20 Mei 2022.

"Ada neraka di sana," sambung dia.

Baca juga: Sekjen PBB: Invasi Rusia ke Ukraina Akibatkan Krisis Pangan Global

Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan, pasukan Rusia mencegah warga sipil di Donbas melarikan diri ke wilayah yang dikuasai Ukraina.

Di Severodonetsk, 12 orang tewas dan 40 lainnya terluka ketika pasukan Rusia menembaki kota timur. Severodonetsk dan Lysychansk merupakan kantong terakhir perlawanan Ukraina di wilayah itu.

Pasukan Rusia telah mengepung keduanya - terbelah oleh sungai yang menandai bagian depan tengah perang - dan membombardir mereka untuk mencoba dan melemahkan perlawanan dan membuat penduduk kekurangan pasokan.

Penduduk yang masih berada di 'kota hantu' sekarang takut untuk keluar pintu depan mereka. Nella Kashkina duduk di ruang bawah tanahnya di sebelah lampu minyak dan berdoa.

"Saya tidak tahu berapa lama kami bisa bertahan," katanya.

"Kami tidak memiliki obat yang tersisa dan banyak orang sakit - wanita yang sakit - membutuhkan obat. Tidak ada obat yang tersisa sama sekali," sambung dia.

Zelensky menggambarkan pengeboman di Severodonetsk sangat brutal. Menurutnya, serangan ini sama sekali tidak ada gunanya.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id