comscore

NATO Resmi Undang Finlandia dan Swedia untuk Bergabung

Willy Haryono - 29 Juni 2022 21:42 WIB
NATO Resmi Undang Finlandia dan Swedia untuk Bergabung
Sesi foto bersama dalam KTT NATO di Madrid, Spanyol, 29 Juni 2022. (Pierre-Philippe MARCOU / AFP)
Madrid: Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) resmi mengundang Finlandia dan Swedia untuk bergabung ke dalam aliansi mereka pada Rabu, 29 Juni 2022. Undangan ini merupakan salah satu perubahan terbesar dalam hal keamanan Eropa dalam beberapa dekade terakhir, yang dipicu terjadinya invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.

Sebanyak 30 anggota NATO memutuskan mengundang secara resmi Finlandia dan Swedia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Madrid, Spanyol hari ini. Mereka juga sepakat untuk secara resmi melabeli Rusia sebagai "ancaman paling signifikan terhadap keamanan sekutu-sekutu" NATO.
"Hari ini, kami telah memutuskan untuk mengundang Finlandia dan Swedia untuk menjadi anggota NATO," ujar deklarasi gabungan aliansi tersebut, usai Turki mencabut vetonya terhadap kedua negara tersebut.

Baca: Turki Akhirnya Dukung Finlandia dan Swedia Bergabung NATO

Ratifikasi di parlemen negara-negara anggota NATO akan memakan waktu hingga satu tahun ke depan. Begitu proses itu selesai, maka Finlandia dan Swedia akan tercakup dalam klausul pertahanan kolektif Artikel 5 NATO.

"Kami akan memastikan kami bisa melindungi semua sekutu, termasuk Finlandia dan Swedia," ujar Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, dikutip dari Global News.

Sementara itu, para anggota NATO berencana meningkatkan kehadiran militer mereka di wilayah Nordik. Peningkatan dilakukan dengan menggelar lebih banyak latihan militer dan patroli di Laut Baltik untuk meyakinkan Finlandia dan Swedia.

Setelah pembicaraan selama empat jam di Madrid pada Selasa kemarin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyepakati serangkaian langkah keamanan yang diambil Finlandia dan Swedia. Alhasil, Erdogan pun mencabut hak veto Turki yang sempat menghambat proses bergabungnya Finlandia dan Swedia.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id