comscore

Kolaborasi Angklung dan Kolintang dengan Musik Orkestra Pukau Warga Venezuela

Marcheilla Ariesta - 10 Mei 2022 17:15 WIB
Kolaborasi Angklung dan Kolintang dengan Musik Orkestra Pukau Warga Venezuela
KBRI Caracas berkolaborasi dengan El Sistema./KBRI Caracas
Caracas: KBRI Caracas menampilkan pertunjukkan angklung dan kolintang yang dimainkan bersama dengan El Sistema, orkestra terbesar di dunia yang tercatat dalam buku rekor Guinness. Persembahan tersebut dilakukan pada kegiatan Konser Musik ASEAN di Caracas, Venezuela.

Penampilan kolaborasi KBRI Caracas dengan El Sistema mengundang decak kagum sekitar 400 penonton yang hadir. Lagu yang dimainkan berasal dari Venezuela yang menandakan pertukaran budaya dan persahabatan kedua negara.
Tim angklung dan kolintang KBRI Caracas juga memainkan lagu tradisional kedua negara, yakni Manuk Dadali dan Moliendo Cafe. Lagu tradisional Venezuela itu juga sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dengan judul Kopi Dangdut.

Hubungan kedua negara terpisah jarak geografis yang sangat jauh. Namun, lagu yang adalah bahasa universal mempersatukan kedua masyarakat.

"Partisipasi KBRI Caracas dalam promosi pariwisata merupakan bagian dari usaha KBRI Caracas untuk memulihkan kembali sektor pariwisata Indonesia yang terkena dampak dari pandemi covid-19," ucap Duta Besar RI untuk Venezuela, Imam Edy Mulyono dalam keterangan KBRI Caracas, Selasa, 10 Mei 2022.

"Promosi ini juga dilakukan untuk meningkatkan citra serta pengetahuan masyarakat Venezuela terhadap Indonesia, serta hubungan dengan Pemerintah Venezuela, mengingat Indonesia kali ini berpartisipasi sebagai tamu kehormatan," sambungnya.

Baca juga: Venezuela Bebaskan 2 Warga AS Usai Dialog dengan Washington

KBRI Caracas juga mempertunjukkan keindahan budaya lainnya melalui pameran pojok seni budaya Indonesia, yang secara khusus disambangi oleh Wakil Menteri Luar Negeri Venezuela, Capaya Rodriguez. Dalam kesempatan itu, Rodriguez berterima kasih atas peran aktif Indonesia dalam promosi penguatan hubungan kedua negara.

"Saya yakin, kegiatan seperti ini akan berdampak positif kepada hubungan bilateral kedua negara," tutur Rodriguez.

El Sistema merupakan orkestra asal Venezuela yang telah mendapatkan berbagai penghargaan internasional. El Sistema mengadopsi motto 'Musik untuk Perubahan Sosial'.

Pemerintah Venezuela melalui El Sistema memiliki program pendidikan musik klasik secara gratis untuk memberikan kesempatan bagi warganya yang tidak mampu dan menjauhkan mereka dari aktivitas kriminal.

Pada 2015, El Sistema memiliki 400 pusat musik yang diisi 700 ribu pemusik muda. Selain itu, metode pembelajaran El Sistema juga diadopsi berbagai pusat musik orkestra, baik di Amerika Serikat (AS) maupun Eropa.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id