comscore

Jurnalis Inggris Terkonfirmasi Tewas di Brasil, AS Serukan 'Akuntabilitas'

Willy Haryono - 18 Juni 2022 09:47 WIB
Jurnalis Inggris Terkonfirmasi Tewas di Brasil, AS Serukan Akuntabilitas
Polisi menemukan jasad manusia di salah satu area di hutan hujan Amazon pada Rabu, 15 Juni 2022. (AFP / Joao Laet)
Atalaia do Norte: Kepolisian Brasil secara resmi telah mengonfirmasi kematian jurnalis Inggris Dom Phillips, yang ditemukan terkubur di hutan hujan Amazon setelah dinyatakan hilang dalam perjalanan riset. Phillips dinyatakan hilang di Amazon bersama pakar adat yang menjadi pemandunya, Bruno Pereira, pada 5 Juni lalu.

Hilangnya kedua orang tersebut telah memicu kekhawatiran dan kecaman global, termasuk dari Amerika Serikat (AS).
Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Ned Price menyerukan akuntabilitas atas pembunuhan Phillips dan Pereira. Mewakili Washington, Price menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga dari kedua korban.

"Mereka berdua telah dibunuh karena mendukung pelestarian hutan hujan dan masyarakat adat di sana," kata Price, dikutip dari AFP, Sabtu, 18 Juni 2022.

Jumat kemarin, otoritas Brasil mengatakan bahwa Phillips teridentifikasi melalui "proses forensik data rekam gigi serta antropologi." Petugas mengaku masih menyelesaikan "identifikasi menyeluruh" terhadap sisa-sisa jenazah di Amazon, yang bisa saja teridentifikasi sebagai Pereira.

Phillips, 57, dan Pereira, 41, dinyatakan hilang di area terpencil hutan hujan Amazon yang dikenal marak dengan aktivitas penambangan dan pemancingan ilegal, pembalakan liar, serta penyelundupan narkotika.

Sepuluh hari berselang usai dinyatakan hilang, seorang tersangka bernama Amarildo da Costa de Oliveira -- dikenal sebagai Pelado -- membawa polisi ke sebuah tempat di mana dirinya mengaku telah mengubur jenazah dekat kota Atalaia do Norte.

Jasad manusia ditemukan terkubur di area tersebut, yang sudah dibawa ke Brasilia pada Kamis malam untuk proses identifikasi.

Sebelumnya pada Jumat kemarin, polisi mengatakan investigasi sejauh ini mengindikasikan bahwa tersangka beraksi "seorang diri" tanpa adanya aktor intelektual atau organisasi kriminal.

Baca:  Polisi Brasil Temukan Mayat Jurnalis Inggris dan Tokoh Adat Amazon

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id