comscore

Putin Ingin Segera Berbicara dengan AS dan NATO atas Keamanan Rusia

Medcom - 15 Desember 2021 19:20 WIB
Putin Ingin Segera Berbicara dengan AS dan NATO atas Keamanan Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin. (AFP)
Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin mengaku ingin "segera" berbicara dengan Amerika Serikat dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) atas isu jaminan keamanan Moskow. Keinginan Putin disampaikan di tengah meningkatnya ketegangan antara Rusia dan negara-negara Barat atas isu Ukraina.

Selama berpekan-pekan, AS dan para sekutunya menuduh Rusia berencana menginvasi Ukraina. Tidak hanya menuduh, AS juga memperingatkan akan adanya sanksi ekonomi masif jika Putin meluncurkan serangan ke negara tetangganya itu.

 



Puluhan ribu prajurit Rusia saat ini masih berkumpul di dekat perbatasan Ukraina. Penumpukan pasukan ini merupakan alasan utama di balik kekhawatiran bahwa Rusia dapat sewaktu-waktu menginvasi Ukraina.

Dalam sambungan telepon dengan Presiden Finlandia Sauli Niinsto, Putin mengaku ingin sesegera mungkin menggelar dialog keamanan.

"Rusia ingin segera meluncurkan negosiasi dengan Amerika Serikat dan NATO untuk mengembangkan jaminan resmi internasional unttuk keamanan negara kami," ujar Putin, dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 15 Desember 2021.

Permintaan Rusia, lanjut Putin, adalah penghentian perluasan pengaruh NATO ke wilayah timur Eropa. Moskow juga tidak ingin NATO mengirim senjata ke negara-negara tetangga Rusia, termasuk Ukraina.

Putin menekankan permintaan serupa dalam sambungan telepon dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di hari yang sama.

Baca:  Putin Ingin Bertemu Biden Secara Langsung, Bukan Virtual

Saat berbicara dengan Presiden Finlandia, Putin menuduh pemerintah Ukraina mulai meningkatkan penggunaan "senjata berat dan drone tempur" terhadap separatis pro-Rusia di wilayah timur negara tersebut.

Selama ini, Putin berulang kali membantah bahwa Rusia hendak menginvasi Ukraina. Ia justru balik menuduh kekuatan Barat sebagai pihak yang memicu timbulnya ketegangan saat ini. (Nadia Ayu Soraya)

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id