AS Minta Houthi Berhenti Menyerang dan Mulai Bernegosiasi

    Willy Haryono - 09 Maret 2021 12:14 WIB
    AS Minta Houthi Berhenti Menyerang dan Mulai Bernegosiasi
    Jubir Kemenlu AS Ned Price dalam konferensi pers rutin di Washington DC pada 1 Maret 2021. (TOM BRENNER / POOL / AFP)



    Washington: Pemberontak Houthi asal Yaman harus berhenti menyerang dan mulai bernegosiasi, ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Ned Price pada Senin, 8 Maret. Pernyataan disampaikan AS beberapa hari usai Houthi meluncurkan serangkaian misil dan pesawat tanpa awak (drone) ke wilayah Arab Saudi.

    "Pemimpin Houthi harus mendemonstrasikan kesediaan mereka untuk terlibat dalam proses politik. Mereka harus berhenti menyerang dan mulai bernegosiasi," kata Price, dilansir dari laman The National pada Selasa, 9 Maret 2021.

     



    "Jika itu sudah dilakukan, maka kita bisa mendorong kemajuan menuju solusi politik yang kita semua dambakan," lanjutnya.

    Pemerintahan Yaman yang diakui internasional menuduh Houthi tak mau bernegosiasi dengan baik atau menepati beberapa janji yang pernah dibuat sebelumnya.

    Houthi dinilai tetap melancarkan serangan ke pasukan Yaman maupun koalisi Arab Saudi meski sudah pernah bertemu Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa Martin Griffiths.

    Price mengatakan AS meyakini Houthi adalah pihak di balik serangkaian serangan misil dan drone ke wilayah Arab Saudi dalam beberapa hari terakhir. Washington menegaskan serangan semacam itu tak dapat diterima, berbahaya, dan mengancam keselamatan warga sipil.

    Koalisi Saudi mengatakan bahwa sebagian besar misil dan drone yang diluncurkan Houthi pada akhir pekan kemarin telah dihancurkan sebelum mencapai target. Riyadh menegaskan serangan semacam itu tidak menimbulkan korban jiwa atau kerusakan properti.

    Salah satu yang menjadi target serangan Houthi adalah fasilitas minyak Saudi Aramco yang berada di Ras Tanura. Houthi mengklaim telah menyerang fasilitas tersebut.

    Baca:  Drone Houthi Kembali Serang Fasilitas Minyak Saudi Aramco

    Pada Selasa pagi ini, koalisi Saudi melaporkan adanya serangan lanjutan Houthi yang juga menggunakan misil serta drone.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id