Mantan Bankir Deklarasikan Kemenangan dalam Pilpres Ekuador

    Willy Haryono - 12 April 2021 14:01 WIB
    Mantan Bankir Deklarasikan Kemenangan dalam Pilpres Ekuador
    Guillermo Lasso (tengah) mendeklarasikan kemmenangan dalam pilpres Ekuador pada Minggu, 11 April 2021. (Fernando Mendez / AFP)



    Quito: Mantan bankir Guillermo Lasso berjaya dalam pemilihan umum presiden Ekuador putaran kedua pada Minggu, 11 April. Ia mendeklarasikan kemenangan usai rivalnya, Andres Arauz, mengakui kekalahan dalam pilpres.

    Sebagai presiden terpilih, Lasso mengaku siap bekerja keras dan menghadapi berbagai "tantangan" dalam mengubah "takdir" Ekuador.

     



    Dengan total 98 persen suara yang telah dihitung, Lasso mengamankan 52,49 persen dukungan berdasarkan hasil penghitungan Dewan Elektoral Nasional Ekuador. Sementara Arauz tertinggal beberapa poin di angka 47,51 persen.

    "Pada 24 Mei, kita semua akan melanjutkan tanggung jawab dalam mengatasi tantangan demi mengubah takdir negara," ujar Lasso.

    "Usaha keras juga akan dilakukan agar semua warga Ekuador mendapat kesempatan serta kesejahteraan yang sama sesuai impian kita selama ini," sambungnya, dilansir dari laman TRT World pada Senin, 12 April 2021.

    Baca: Mantan Presiden Ekuador Divonis 8 Tahun Penjara

    Arauz, dikenal sebagai anak didik mantan presiden Ekuador Rafael Correa, mengakui kekalahan meski sebelumnya sempat mengklaim kemenangan.

    "Saya mengucapkan selamat atas kemenangan elektoral beliau. Saya akan menunjukkan kepadanya nilai-nilai demokrasi negara kita," tutur Arauz.

    Kampanye pilpres Ekuador didominasi masalah krisis ekonomi yang diperparah pandemi Covid-19. Arauz, 36, sebelumnya tidak terlalu dikenal publik. Namanya baru menempati urutan teratas survei pada Februari lalu usai mendapat dukungan Correa.

    Sementara Lasso, 65, sudah tiga kali mencalonkan diri sebagai capres. Pada pilpres 2013 dan 2017, ia kalah dari Correa dan Moreno.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id