Ajudan Senior Trump Positif Covid-19

    Willy Haryono - 07 Oktober 2020 07:53 WIB
    Ajudan Senior Trump Positif Covid-19
    Stephen Miller, salah satu ajudan senior Presiden AS Donald Trump. (MANDEL NGAN/AFP/Getty)
    Washington: Stephen Miller, salah satu ajudan paling senior untuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump, mengumumkan bahwa dirinya dinyatakan positif virus korona (covid-19). Ia mengaku sudah beberapa kali menjalani tes covid-19 dan dinyatakan negatif.

    "Dalam lima hari terakhir, saya bekerja dari rumah dan mengisolasi diri. Hasil tes saya selalu negatif sampai (Senin) kemarin," kata Miller.

    "Hari ini saya dinyatakan positif covid-19, dan saya sedang menjalani karantina mandiri," sambungnya, dilansir dari laman The National pada Rabu, 7 Oktober 2020.

    Ia merupakan satu dari sejumlah ajudan dan staf yang masuk dalam klaster covid-19 di Gedung Putih. Klaster ini meliputi dua ajudan Trump, Hope Hicks dan Nicholas Luna, serta juru bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany.

    Mantan penasihat Gedung Putih Kellyanne Conway juga dinyatakan positif covid-19, setelah sempat menjadi bagian dari tim persiapan acara debat presiden AS.

    Trump dan istrinya, Melania, mengumumkan diagnosis covid-19 pada Jumat kemarin. Pengumuman disampaikan satu hari usai Hicks dinyatakan positif covid-19.

    Pengumuman terbaru dari Miller akan semakin meningkatkan pengawasan terhadap perilaku Trump yang sering menolak menggunakan masker di Gedung Putih dan saat acara kampanya. Trump mendapat gelombang kecaman usai dirinya melepas masker di balkon Gedung Putih, tak lama usai dirinya keluar dari rumah sakit Walter Reed National Military Medical Center.

    Tanpa menggunakan masker, Trump memberikan gestur penghormatan ke arah helikopter Marine One yang meninggalkan Gedung Putih. Trump dikecam karena melepas masker padahal belum dinyatakan sembuh dari covid-19.

    Sebelumnya, Trump juga dikecam karena menyapa para pendukungnya di luar rumah sakit Walter Reed. Meski mengenakan masker di dalam mobil, manuver Trump dikhawatirkan berimbas pada kesehatan jajaran pasukan pengaman presiden AS atau Secret Service.

    Calon presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, mengkritik perilaku Trump terkait masker. Menurutnya, masker adalah sesuatu yang penting dalam menyelamatkan nyawa diri sendiri serta orang lain.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id