AS Izinkan Wisatawan Asing Masuk pada 8 November, Cek Syaratnya

    Marcheilla Ariesta - 16 Oktober 2021 21:02 WIB
    AS Izinkan Wisatawan Asing Masuk pada 8 November, Cek Syaratnya
    Perbatasan darat dan udara AS akan segera dibuka kembali/AFP



    Washington: Amerika Serikat (AS) akan membuka kembali perbatasan darat dan udaranya pada 8 November untuk wisatawan asing. Syaratnya, pelancong harus sudah divaksinasi penuh.

    Keputusan ini mengakhiri larangan lebih dari 18 bulan perjalanan yang menyebabkan pariwisata AS terguncang dan hubungan diplomatik menegang.

     



    "Keputusan untuk melonggarkan pembatasan diambil atas dasar kesehatan masyarakat yang semakin membaik," kata asisten juru bicara Gedung Putih, Kevin Munoz, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu, 16 Oktober 2021.

    Kebijakan baru AS dengan cepat disambut Duta Besar Uni Eropa di Negeri Paman Sam, Stavros Lambrinidis. Ia menyebutnya sebagai berita penting, dan berharap AS dapat memaparkan rincian-rincian lainnya.

    Dalam upaya memperlambat penyebaran Covid-19, perbatasan AS ditutup sejak Maret 2020 untuk pelancong dari sebagian besar belahan dunia, termasuk Uni Eropa, Inggris dan Tiongkok, India dan Brasil. Pengunjung jalur darat dari Meksiko dan Kanada juga dilarang.

    Baca juga: AS Kirimkan Lagi 3,6 Juta Dosis Vaksin Pfizer ke Nigeria

    Pembatasan selama berbulan-bulan yang memengaruhi ratusan juta orang di tengah pandemi Covid-19, memicu kemerosotan ekonomi yang parah.

    Kepala Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) Willie Walsh mengatakan, untuk jutaan orang yang sulit masuk ke AS dalam 18 bulan terakhir, ini adalah berita bagus. "AS akan menyambut wisatawan asing yang sepenuhnya divaksinasi," lanjutnya.

    Namun, belum semua rincian teknis dan logistik dari kebijakan baru yang diumumkan. Para pejabat sebelumnya mengatakan, penumpang udara yang divaksinasi perlu menjalani tes Covid-19 dalam waktu tiga hari sebelum perjalanan. Maskapai penerbangan juga diminta untuk menerapkan sistem pelacakan kontak.

    Otoritas kesehatan AS telah mengatakan bahwa semua vaksin yang disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan diterima untuk masuk melalui udara.

    Saat ini, vaksin yang disetujui WHO antara lain AstraZeneca, Johnson & Johnson, Moderna, Pfizer-BioNTech, Sinopharm dan Sinovac.

    Awal pekan ini, sumber Gedung Putih mengatakan pembukaan perbatasan darat akan dilakukan dalam dua tahap.

    Fase kedua yang dimulai pada awal Januari 2022 akan mengharuskan semua pengunjung divaksinasi penuh untuk memasuki Amerika Serikat melalui darat, apa pun alasan perjalanan mereka.

    Jadwal baru berarti pembatasan perbatasan darat, yang telah ditetapkan berakhir pada 21 Oktober, dan harus diperpanjang sekali lagi sebelum aturan baru mulai berlaku.

    Terlepas dari penutupan perbatasan yang ketat, Amerika Serikat belum mengamanatkan vaksin untuk perjalanan udara domestik.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id