Populer Internasional: Nasib Oposisi Rusia Hingga Penampar Presiden Prancis Dihukum

    Fajar Nugraha - 11 Juni 2021 07:11 WIB
    Populer Internasional: Nasib Oposisi Rusia Hingga Penampar Presiden Prancis Dihukum
    Rusia menduga Alexei Navalny merupakan 'agen' yang bekerja untuk Amerika Serikat (AS). Foto: AFP



    Moskow: Pemerintah Rusia menduga tokoh oposisi Alexei Navalny merupakan 'agen' yang bekerja untuk Amerika Serikat (AS). Dugaan ini muncul usai Washington mengutuk penunjukkan kelompok Alexei Navalny sebagai ekstremis.

    Kabar itu menjadi berita terpopuler Internasional Medcom. Beberapa berita lainnya juga turut menjadi yang terpopuler.

     



    Salah satunya adalah isu mengenai parlemen Uni Eropa setujui penggunaan paspor vaksin untuk warganya. Kemudian diikuti dengan kabar mengenai pria yang menampar Presiden Prancis dihadapkan pada hukuman penjara.

    Ingin tahu mengenai berita terpopuler Internasional Medcom? Simak selengkapnya:

    1. Rusia Tuding Navalny 'Agen' yang Kerja untuk AS

    Rusia menduga Alexei Navalny merupakan 'agen' yang bekerja untuk Amerika Serikat (AS). Dugaan ini muncul usai Washington mengutuk penunjukkan kelompok Alexei Navalny sebagai ekstremis.
     
    Pada Rabu malam, Moskow memutuskan menunjuk kantor regional oposisi mereka dan Yayasan Anti-Korupsi (FBK) sebagai ekstremis. Mereka juga dilarang bekerja di Rusia.
     
    Kementerian Luar Negeri AS menyebut tindakan tersebut sangat mengganggu. Menurut Washington, langkah itu bagian dari pola pembatasan hak-hak dasar di Rusia.

    Apa dasar dari tuduhan terhadap Navalny tersebut? Simak di tautan ini.

    2. Parlemen Uni Eropa Setujui Penggunaan Paspor Vaksin untuk Warganya

    Parlemen Eropa memberikan persetujuan akhir penggunaan paspor vaksin covid-19 digital. Aplikasi yang harus diunduh di ponsel pintar ini akan menjadi barang wajib para warga Eropa yang ingin bepergian ke wilayah di blok tersebut.
     
    Rencananya, paspor vaksin akan mulai berlaku pada 1 Juli mendatang. Mereka yang memiliki sertifikat virtual vaksinasi itu bisa bebas mengunjungi negara Eropa lainnya tanpa karantina dan tes tambahan.
     
    Pengesahan paspor vaksin dilakukan dalam dua pemungutan suara di Parlemen Eropa di Strasbourg, Prancis pada Rabu, 9 Juni 2021 kemarin. Dilansir dari France24, Kamis, 10 Juni 2021, anggota parlemen Eropa juga setuju jika warga negara anggota pemegang paspor tidak perlu aturan tambahan lainnya.

    Bagaimana pengaturan dari paspor vaksin covid-19 ini? Selanjutnya di sini.

    3. Penampar Presiden Prancis Bisa Hadapi Hukum 3 Tahun Penjara

    Pria yang menampar Presiden Prancis Emmanuel Macron mengakui tindakannya tanpa dipikirkan terlebih dahulu. Pria bernama Damien itu ditahan sejak insiden pada Selasa lalu dan diperkirakan akan dihukum karena menyerang presiden.
     
    Pengakuannya dapat membuatnya dihukum penjara maksimum tiga tahun dan didenda USD55 ribu (setara Rp784 juta). Hal ini bisa berlaku meskipun pengadilan akan mempertimbangkan catatan kriminal bersih terdakwa dan ekspresi penyesalan apapun.
     
    "Dia mengatakan bertindak secara naluriah dan tanpa berpikir untuk mengungkapkan kekesalannya," kata pernyataan kantor kejaksaan setempat, dilansir dari AFP, Kamis, 10 Juni 2021.

    Bagaimana nasib pria pelaku penamparan itu? Simak tautan ini.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id