Fauci Sama Sekali Tak Terkejut Trump Terinfeksi Covid-19

    Willy Haryono - 19 Oktober 2020 15:15 WIB
    Fauci Sama Sekali Tak Terkejut Trump Terinfeksi Covid-19
    Dr Anthony Fauci, salah satu dokter dalam gugus tugas penanganan covid-19 di Amerika Serikat. (Foto: AFP)
    Washington: Dr Anthony Fauci, salah satu anggota gugus tugas penanganan covid-19 Gedung Putih, mengatakan bahwa dirinya "sama sekali tidak terkejut" saat mengetahui Presiden AS Donald Trump terinfeksi virus tersebut. Pernyataan disampaikan dalam wawancara program "60 Minutes" dari media CBS yang ditayangkan pada Minggu malam, 18 Oktober.

    Fauci mengaku tak terkejut Trump dan beberapa orang dekatnya terinfeksi covid-19 setelah melihat minimnya penerapan protokol kesehatan di Gedung Putih, terutama saat acara nominasi hakim Amy Coney Barrett pada 26 September.

    "Saat saya melihat acara itu di televisi, saya berkata, 'oh, ya ampun,'" kata Fauci, dilansir dari laman New York Post pada Senin, 19 Oktober 2020.

    Ia menilai acara nominasi hakim Mahkamah Agung AS itu merupakan sesuatu yang rentan terhadap penyebaran covid-19. Dalam acara tersebut, sebagian besar orang tidak memakai masker dan mengabaikan aturan menjaga jarak sosial (social distancing).

    "Tidak ada hal baik yang dapat dihasilkan dari acara tersebut. Hampir dapat dipastikan acara itu telah berubah menjadi peristiwa super spreader," sebut Fauci, merujuk pada istilah penyebaran masif infeksi virus tertentu pada suatu waktu.

    Selama ini, Fauci dan Trump dikenal sering berselisih paham mengenai penanggulangan covid-19 di AS.

    Sejumlah pihak meyakini acara di Rose Garden kala itu merupakan sumber penyebab munculnya klaster covid-19 di Gedung Putih.

    Selain Trump, sejumlah orang dekat Trump seperti juru bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany dan mantan Gubernur New Jersey Chris Christie telah terinfeksi covid-19. Seperti Trump, keduanya juga sudah berangsur pulih dari covid-19.

    Baca:  Juru Bicara Gedung Putih Sembuh dari Covid-19

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id