Demonstran Tewas Tertembak dalam Bentrokan di Kota Denver

    Willy Haryono - 11 Oktober 2020 14:56 WIB
    Demonstran Tewas Tertembak dalam Bentrokan di Kota Denver
    Ilustrasi penembakan. (Foto: Medcom.id)
    Denver: Seorang pria tewas tertembak dalam bentrokan di tengah aksi protes antara pengunjuk rasa berhaluan sayap kanan dan kiri di kota Denver, Amerika Serikat, pada Sabtu, 10 Oktober. Media lokal AS menyebutkan bahwa korban ikut serta dalam aksi demo bertajuk "Patriot Rally" yang digelar kubu sayap kanan.

    Kepolisian Denver mengatakan, seorang tersangka yang ditangkap adalah petugas keamanan swasta yang tidak terkait dengan aksi unjuk rasa.

    Petugas keamanan yang ditangkap bekerja untuk KUSA-TV, sebuah saluran televisi di Denver. Pihak televisi mengaku menyewa jasa petugas keamanan demi melindungi jajaran kru. Namun, klaim ini belum dapat dipastikan Kepolisian Denver.

    "Sudah merupakan protokol bagi (KUSA-TV) untuk menyewa tenaga keamanan swasta untuk melindungi jajaran kru kami," ujar pihak televisi, dikutip dari laman BBC pada Minggu, 11 Oktober 2020.

    Kegiatan demo "Patriot Rally" di Denver dibalas dengan aksi protes beberapa kelompok sayap kiri yang menyuarakan gerakan "Black Lives Matter-Antifa Soup Drive." Sementara penembakan terhadap korban terjadi di halaman Museum Seni Denver.

    Motif serta situasi seputar penembakan belum diumumkan ke publik.

    Serangkaian foto yang dirilis surat kabar Denver Post memperlihatkan konfrontasi. Di sana terlihat demonstran sempat memukul petugas keamanan, sebelum kemudian dibalas dengan tembakan senjata api.

    Dua senjata api ditemukan di lokasi kejadian. Tersangka sudah digiring ke kantor polisi. Namun Kepolisian Denver mengaku belum dapat memastikan apakah tersangka memang bekerja di KUSA-TV.

    Ia mengatakan jajarannya telah berhasil memisahkan agar aksi unjuk rasa sayap kanan dan kiri di Denver berlangsung di lokasi terpisah. Sejauh ini tidak ada penangkapan lain selain tersangka penembakan.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id