comscore

Begini Kronologi Evakuasi WNI di Chernihiv yang Habiskan Waktu 22 Hari

Marcheilla Ariesta - 18 Maret 2022 21:11 WIB
Begini Kronologi Evakuasi WNI di Chernihiv yang Habiskan Waktu 22 Hari
Para WNI yang dievakuasi dari Chernihiv bersama dengan tim evakuasi Indonesia./Dok. Kemenlu RI
Warsawa: Proses evakuasi sembilan WNI dari Chernihiv, Ukraina memakan waktu hingga 22 hari. Kondisi keamanan yang tidak menentu menjadi alasannya.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha mengatakan, sejak awal kesembilan WNI ini memang terjebak di Chernihiv. 
"Sesuai rencana kontijensi, sebetulnya ketika terjadi serangan, seluruh WNI kita minta berkumpul ke KBRI kita yang ada di Kiev. Namun, teman-teman yang sembilan orang yang ada di Chernihiv tidak dapat menjangkau Kiev sehingga mereka terjebak hingga kemarin," kata Judha dalam jumpa pers virtual, Jumat, 18 Maret 2022.

Judha menuturkan, sejak saat itu, berbagai macam skenario evakuasi sudah disiapkan, baik menuju ke utara - arah Belarus - maupun ke selatan. Ia menegaskan, prioritas utama adalah keselamatan para WNI. 

"Pergerakan evakuasi tidak akan kita lakukan ketika situasi tidak aman. Prioritas tetap pada keselamatan teman-teman WNI semua, oleh karena itu, waktu yang aman bagi proses evakuasi memang membutuhkan waktu yang lama," tutur Judha.

"Kalau kita hitung sejak tanggal 24 (Februari) maka ada 22 hari yang kita perlukan untuk mencari kesempatan yang aman untuk bisa melakukan pergerakan evakuasi," lanjut dia.

Baca juga: Alhamdulillah, Seluruh WNI di Ukraina Berhasil Dievakuasi

Ia menambahkan, segala macam koordinasi, komunikasi sudah dilakukan dengan berbagai pihak di Ukraina. Langkah ini untuk memastikan proses evakuasi dapat dilakukan dengan aman.

Judha mengungkapkan timeline evakuasi para WNI dari Chernihiv. Proses penjemputan dimulai dari 14 Maret 2022. Ia mengatakan, para WNI dijemput dari pabrik menuju ke bunker di pusat kota.

Namun sayangnya, para WNI tidak dapat langsung dibawa ke Kiev. "Pada saat itu sebetulnya kita sudah mengupayakan untuk ada evakuasi, namun ada jam malam (curfew) di kota Kiev, yang menjadi salah satu jalur evakuasi kita, yang baru dicabut curfew pada 17 Maret," ujarnya.

Begitu jam malam dicabut pada 17 Maret, pukul 09.00 waktu setempat para rombongan berangkat dari Chernihiv menuju di Kiev. Judha menuturkan, pukul 14.20, di hari yang sama, mereka tiba di Kiev.

"Kemudian kita bawa menuju ke Lviv dan tiba di Lviv pada pukul 00.20 pada 18 Maret," serunya.

Setelah itu, para WNI diinapkan di Safe House yang ada Lviv. Dan pukul 11.00 waktu Lviv, mereka berangkat menuju perbatasan, dan kini mereka sudah tiba di zona aman di Polandia.

Setibanya di Warsawa, Polandia, para WNI akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Jika aman, mereka akan dipulangkan ke Tanah Air pada 20 Maret mendatang menggunakan pesawat komersial.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id