comscore

Pria Kulit Hitam Brasil Tewas Terkena Granat Polisi

Medcom - 27 Mei 2022 19:03 WIB
Pria Kulit Hitam Brasil Tewas Terkena Granat Polisi
Ilustrasi aksi kekerasan. (Medcom.id)
Umbauba: Warganet Brasil heboh lantaran pada Kamis, 26 Mei 2022 beredar video seorang polisi membunuh pria berkulit hitam yang mengidap gangguan mental dengan menggunakan granat asap di dalam mobil.

"Polisi federal jalan raya menghentikan Genivaldo de Jesus Santos yang berusia 38 tahun, sebagaimana terlihat dalam rekaman, menjepitnya ke tanah, menempatkannya di belakang mobil polisi, dan menahan kakinya yang menendang-nendang dengan pintu saat gas keluar dari kendaraan," lapor Alice Tecotzky dari The Daily Beast.
Hasil autopsi menyatakan bahwa Santos, yang menderita skizofrenia, meninggal akibat sesak napas.

Keponakan Santos, Wallison de Jesus, bersaksi bahwa pamannya tidak memegang senjata.

“Santos menjadi gelisah setelah petugas menemukan obat-obatan dalam kejadian itu. Menurut keponakannya, dia mengatakan kepada petugas bahwa Santos membutuhkan obat dan pamannya tidak melawan," lanjut laporan itu mengutip Jesus.

Polisi Federal Brasil membantah pernyataan tersebut. Polisi mengeklaim Santos melakukan perlawanan terhadap petugas, sehingga mereka menggunakan granat gas setelah alat-alat yang lebih ringan tidak berhasil membuatnya tunduk.

Brasil memiliki tingkat kekerasan polisi yang tinggi, terutama terhadap warga sipil kulit hitam. Menurut The Washington Post, insiden itu memicu unjuk rasa di kampung halaman Santos.

Semua ini terjadi menjelang pemilihan presiden (Pilpres) Brasil yang dijadwalkan pada Oktober. Untuk Pemilu yang akan datang, petahana sayap kanan Jair Bolsonaro, terkenal akan pernyataan rasis terhadap masyarakat kulit hitam, bersaing melawan mantan presiden Luiz Inacio Lula da Silva. (Kaylina Ivani)

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id