Protes di Rumah Sakit, Tenaga Medis Prancis Didenda

    Arpan Rahman - 22 Mei 2020 14:26 WIB
    Protes di Rumah Sakit, Tenaga Medis Prancis Didenda
    Para petugas medis di Prancis melakukan protes menuntut perbaikan kondisi. Foto: AFP
    Paris: Sedikitnya 50 petugas kesehatan didenda dan tiga orang ditangkap karena protes di luar rumah sakit di Paris, Prancis. Mereka dianggap telah melanggar aturan jarak sosial.

    Lebih dari 400 dokter, perawat, dan staf cadangan memakai sikat untuk menabuh nampan dan wajan. Mereka menuntut pendanaan yang lebih baik bagi rumah sakit, yang dilaporkan media Prancis dalam kesulitan keuangan.

    "Para demonstran melanggar aturan jarak sosial," kata polisi, dikutip dari BBC, Jumat 22 Mei 2020.

    Para petugas menuntut agar para demonstran bubar. Mereka yang menolak bubar langsung denda di tempat sebesar EUR135 (Rp2,2 juta).

    Para pengunjuk rasa menyerukan kenaikan gaji, dan menuntut reformasi untuk kondisi kerja yang lebih baik bagi petugas kesehatan.

    Rekaman yang diposting di media sosial menunjukkan kerumunan besar menggedor pintu rumah sakit, sambil melambaikan spanduk dukungan.

    Rumah Sakit Robert Debré, di utara kota, sudah mengalami masalah keuangan sebelum wabah virus korona, lapor kantor berita Prancis, France Info.

    Namun, epidemi ini telah semakin menambah masalah pendanaan rumah sakit.

    Dalam pidato yang disampaikan pada protes tersebut, petugas kesehatan menggambarkan bahwa mereka terlalu banyak bekerja. Serta mengungkapkan ketakutan mereka untuk terjangkit dan menularkan virus itu sendiri, lapor media lain France Bleu.

    Prancis mulai mengurangi penguncian (lockdown) awal bulan ini, dengan toko-toko dan sekolah dasar dibuka kembali. Namun Paris tetap di bawah kendali ketat, di mana kota itu terbagi menjadi zona ‘merah’ dan ‘hijau’.

    Data Universitas Johns Hopkins pada Jumat 22 Mei 2020 menyebutkan 5.106.155 kasus positif tercatat di seluruh dunia. 332.978 diantaranya meninggal, sementara mereka yang sembuh mencapai 1.950.518 jiwa.


    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).




    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id