Tiga Pria Didakwa Membunuh Pelari Kulit Hitam AS

    Marcheilla Ariesta - 25 Juni 2020 15:45 WIB
    Tiga Pria Didakwa Membunuh Pelari Kulit Hitam AS
    Tiga pembunuh Ahmaud Arbery didakwa pembunuhan. Foto: AFP
    Georgia: Sebanyak tiga pria ditangkap usai pembunuhan seorang pelari kulit hitam di selatan Amerika Serikat, Ahmaud Arbery. Ketiga orang tersebut didakwa atas tuduhan pembunuhan oleh hakim pada Rabu, 24 Juni.

    Arbery, 25, ditembak mati pada 23 Februari lalu saat tengah olahraga lari atau jogging di daerah Brunswick, Georgia. Selama lebih dari dua bulan, polisi setempat tidak melakukan penangkapan.

    Namun, begitu video pembunuhannya menyebar di media sosial pada awal Mei, penyelidikan mulai dilakukan. Pensiunan perwira polisi Gregory McMichael, 64, dan putranya Travis, 34, yang terlihat di video itu, ditangkap pada 7 Mei lalu.

    Sementara pria yang merekam pembunuhan, William Bryan, 50, ditangkap dua pekan kemudian.

    Sekelompok warga ditunjuk untuk menimbang seberapa valid tuduhan itu, sementara hakim meresmikan surat dakwaan tersebut. Ada sembilan dakwaan, termasuk pembunuhan dan penyerangan diberikan kepada mereka.

    "Mereka menyebabkan kematiannya sembari mengendarai truk pickup, dan menembaknya dengan senapan," kata hakim membaca surat dakwaan tersebut, dilansir dari AFP, Kamis 25 Juni 2020.

    Pengacara keluarga Arbery mengatakan selama berbulan-bulan ayah pria muda itu seperti menjalani hukuman mati tanpa pengadilan. "Ini adalah langkah penting menuju keadilan. Penting diingat bahwa seorang hakim mengakui hidup Arbery memiliki nilai dan berakhir dengan cara yang kejam," pengacara Arbery, Ben Crump.

    Nama Arbery telah disuarakan selama beberapa pekan di seluruh Amerika Serikat selama demonstrasi menentang kekerasan dan rasisme terhadap masyarakat Afrika-Amerika. Arbery, George Floyd, Breonna Taylor dan banyak lagi warga kulit hitam Amerika lainnya meninggal karena kekerasan dan rasisme yang masih menjamur di Negeri Paman Sam tersebut.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id