Antisipasi Korona, Turki Karantina Ribuan Jemaah Umrah

    Willy Haryono - 16 Maret 2020 07:16 WIB
    Antisipasi Korona, Turki Karantina Ribuan Jemaah Umrah
    Jemaah umrah Turki yang baru pulang dari Arab Saudi dibawa ke lokasi karantina di Ankara, 15 Maret 2020. (Foto: AFP/ADEM ALTAN)
    Ankara: Turki mengkarantina ribuan jemaah umrah yang baru pulang dari Arab Saudi di tengah kekhawatiran virus korona covid-19. Jumlah kasus terkonfirmasi covid-19 di Turki kini mencapai 18, setelah sebelumnya hanya enam.

    Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengatakan bahwa dari 12 tambahan kasus, dua terkait pasien perdana di Turki, tujuh asal Eropa dan tiga dari Amerika Serikat.

    "Semua penumpang pesawat yang baru pulang umrah tadi malam, akan ditempatkan di sejumlah ruangan terpisah untuk dikarantina di Ankara dan provinsi Konya," tutur Koca, seperti dilansir dari AFP, Minggu 15 Maret 2020.

    Mehmet Kasapoglu, Menteri Pemuda dan Olahraga Turki, mengestimasi ada sekitar 10 ribu jemaah umrah yang pulang ke Turki dari Saudi pada Sabtu malam. Pekan kemarin, salah satu jemaah umrah yang pulang ke Turki dinyatakan positif korona.

    "Mereka yang dianggap mencurigakan telah dibawa ke rumah sakit dan menjalani tes," sebut Koca.

    Tayangan di televisi Turki memperlihatkan sekelompok jemaah umrah di Ankara digiring petugas menuju bus untuk dibawa ke lokasi karantina.

    Umrah, yang dapat ditunaikan kapan pun, dilakukan jutaan umat Muslim pada setiap tahunnya. Pandemi covid-19 telah memicu kekhawatiran mengenai penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

    Arab Saudi telah menghentikan umrah terkait pandemi covid-19. Namun sejauh ini, Saudi belum menyampaikan informasi spesifik mengenai ibadah haji.

    Diyanet, otoritas urusan agama di Turki, mengatakan bahwa ibadah umrah untuk seluruh warga telah dihentikan sejak 27 Februari.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id