Pemerintah Inggris Isyaratkan Lockdown Seperti di Italia

    Arpan Rahman - 23 Maret 2020 15:00 WIB
    Pemerintah Inggris Isyaratkan <i>Lockdown</i> Seperti di Italia
    PM Inggris Boris Johnson. (Foto: AFP)
    London: Masyarakat Inggris harus berhenti berkumpul di ruang publik atau bersiap menghadapi kebijakan penegakan hukum yang lebih ketat lagi dalam 24 jam ke depan. Demikian disampaikan Perdana Menteri Boris Johnson di tengah upaya Inggris mengendalikan penyebaran penyakit virus korona (covid-19).

    Pernyataan PM Johnson merupakan respons terhadap sejumlah laporan bahwa warga Inggris tetap berkumpul di taman, pantai, dan pasar, di tengah pandemi covid-19. Padahal, Pemerintah Inggris mengimbau semua warga untuk berdiam diri di rumah masing-masing.

    "Jika orang-orang tidak dapat menggunakan taman dan area bermain secara bertanggung jawab, dan juga melanggar aturan (menjaga jarak) dua meter, maka tentu saja akan ada langkah-langkah lebih lanjut," kata PM Johnson, dinukil dari Guardian, Senin 23 Maret 2020.

    "Kita perlu memikirkan mengenai beragam langkah yang sudah diterapkan negara-negara lain untuk membatasi pergerakan masyarakat," lanjutnya.

    Italia merupakan negara pertama di Eropa yang memberlakukan lockdown di tengah pandemi covid-19. Beberapa tetangga Italia dan juga sejumlah negara di benua lain telah mengikuti kebijakan tersebut.

    Sebelumnya, sejumlah dewan dan organisasi secara independen telah menutup ruang-ruang publik di Inggris.

    Menteri Kesehatan bayangan Inggris, Jonathan Ashworth, mengonfirmasi memang masih banyak warga Inggris yang tetap berkumpul di ruang publik meski sudah diimbau untuk tetap berada di dalam rumah.

    "Mereka bisa saja kebingunan dengan langkah social distancing pemerintah, atau sebenarnya tidak tapi memilih untuk mengabaikannya," tutur Ashworth.

    Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins, jumlah kasus covid-19 di Inggris 5.745 dengan 282 kematian dan 137 pasien sembuh.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id