comscore

Kerusuhan Tewaskan 118 Napi, Militer Patroli di Penjara Ekuador

Marcheilla Ariesta - 03 Oktober 2021 15:14 WIB
Kerusuhan Tewaskan 118 Napi, Militer Patroli di Penjara Ekuador
Polisi dan personel militer bersiaga di luar sebuah penjara di Guayaquil, Ekuador, 2 Oktober 2021. (Fernando Méndez / AFP)
Guayaquil: Polisi dan militer Ekuador mengerahkan lebih dari seribu personel untuk memasuki sebuah penjara di kota Guayaquil. Penjara Regional Guayas terletak di sebelah penjara Penitenciaria del Litoral, tempat 118 narapidana tewas dalam kekerasan penjara terburuk di Ekuador awal pekan ini.

Ekuador mengalami gelombang kekerasan di sejumlah penjara dalam beberapa bulan terakhir. Pemicu kerusuhan adalah persaingan antar geng kriminal di dalam penjara.
"Sebagai akibat dari kerusuhan ini, senjata api, amunisi, dan barang terlarang disita," kata otoritas penjara SNAI Ekuador tentang operasi yang melibatkan militer di Twitter, dilansir dari Malay Mail, Minggu, 3 Oktober 2021.

Saat mengunjungi penjara di Guayaquil, polisi dan personel militer Ekuador menemukan empat narapidana yang terluka dalam bentrokan. "Ketika kami memasuki sayap (keamanan) maksimum, kami diberondong peluru," kata Varela.

"Kami masuk dan mengeluarkan empat orang yang terluka. Mereka dievakuasi oleh angkatan bersenjata dan dibawa untuk dirawat," imbuhnya.

Polisi juga menangkap tujuh orang terduga anggota geng kriminal yang berencana membawa senjata dan seragam mirip sipir ke dalam penjara.

Kerusuhan di penjara Guayaquil pada akhir September lalu melibatkan senjata api, pisau, dan bahan peledak. Kericuhan dipicu perseteruan antara geng "Los Lobos" dan "Los Choneros." Tayangan televisi memperlihatkan narapidana di penjara terseut melepaskan tembakan dari jendela di tengah asap yang berasal dari bahan peledak.

Juli lalu, Presiden Guillermo Lasso menerapkan status darurat di sistem penjara Ekuador setelah terjadinya sejumlah kerusuhan penjara yang telah menewaskan lebih dari 100 narapidana.
 
Peristiwa paling mematikan di penjara Ekuador terjadi pada Februari lalu. Kala itu, 79 narapidana tewas dalam kerusuhan di tiga penjara Ekuador. Lima bulan setelahnya, 22 narapidana tewas dalam kerusuhan di penjara Litoral.

Baca:  24 Narapidana Tewas dan 48 Terluka dalam Kerusuhan di Penjara Ekuador


(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id