Aktivis HAM Pakistan Ditemukan Tewas di Kanada

    Willy Haryono - 23 Desember 2020 15:02 WIB
    Aktivis HAM Pakistan Ditemukan Tewas di Kanada
    Aktivis HAM asal Pakistan, Karima Mehrab. (Toronto Police)



    Toronto: Seorang aktivis hak asasi manusia (HAM) asal Pakistan yang tinggal di Kanada dan dinyatakan hilang sepanjang akhir pekan kemarin, ditemukan dalam kondisi meninggal. Kepolisian Toronto meyakini kematian aktivis bernama Karima Mehrab itu tidak melibatkan unsur kriminal.

    Karima Mehrab, seorang pengungsi dari kawasan Balochistan di Pakistan Barat, dilaporkan hilang pada Minggu kemarin di pusat kota Toronto.






    Dilansir dari laman CNN pada Rabu, 24 Desember 2020, jasad Karima telah ditemukan satu hari setelahnya. Karima Mehrab dikenal juga dengan sebutan Karima Baloch.

    Karima pernah menjadi tokoh utama dalam mendorong pemisahan wilayah Balochistan dari Pakistan. Ia kemudian melarikan diri ke Kanada di tengah ancaman terhadap dirinya.

    Baca:  10 Penyerang Aktivis HAM Remaja Pakistan Dipenjara Seumur Hidup

    Pada 2016, Karima sempat masuk daftar 100 perempuan inspirasional dan berpengaruh versi media BBC.

    Kepolisian Toronto hanya mengungkapkan sedikit detail mengenai kematian Karima. "Insiden ini tidak melibatkan unsur kriminal," kata Mike Butt, seorang detektif dari Kepolisian Toronto.

    Kelompok Amnesty International South Asia menuliskan di Twitter bahwa kematian Karima merupakan sesuatu yang mengejutkan dan "harus diinvestigasi." Dewan HAM Balochistan juga menyerukan Pemerintah Kanada untuk segera menyelidiki kematian Karima.

    Sebelumnya pada tahun ini, seorang jurnalis dan aktivis asal Balochistan yang tinggal terasing di Swedia, Sajid Hussain, ditemukan tenggelam di salah satu wilayah di negara tersebut.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id