Obama Bantu Kumpulkan Rp155 Miliar untuk Kampanye Joe Biden

    Fajar Nugraha - 24 Juni 2020 12:51 WIB
    Obama Bantu Kumpulkan Rp155 Miliar untuk Kampanye Joe Biden
    Mantan Presiden AS Barack Obama bantu Joe Biden untuk galang dana. Foto: AFP
    Washington: Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama membantu mengumpulkan USD11 juta atau Rp155 miliar untuk Joe Biden, dalam perjuangan kampanye ke Gedung Putih. Dalam sebuah penggalangan dana, Obama mengatakan’ kebangkitan besar’ dari rakyat dapat membantu mengalahkan Donald Trump dalam Pemilu Presiden AS 2020.

    Presiden AS dua periode dari Partai Demokrat itu terbukti menarik dan mampu membawa khalayak luas. “Terbukti dengan kehadiran Obama, pengumpulan dana mengumpulkan total lebih dari USD11 juta. Menjadikannya acara keuangan paling sukses dari seluruh kampanye,” menurut sekretaris pers Joe Biden, TJ Ducklo.

    “Sekitar USD7,6 juta dari itu berasal dari 175.000 donor akar rumput yang terus memberi kekuatan pada kampanye penggalangan dana ini setiap hari," ujar Ducklo melalui akun Twitternya, seperti dikutip AFP, Rabu 14 Juni 2020.

    Penampilan Obama yang hadir secara virtual di layar terpisah dengan kandidat presiden dari Partai Demokrat itu, adalah yang pertama bersama Biden sejak ia mendukung mantan wakil presiden maju dalam Pilpres AS.

    "Saya di sini untuk mengatakan, bantuan sedang dalam perjalanan jika kita melakukan pekerjaan. Karena tidak ada orang yang saya percayai lebih banyak untuk dapat menyembuhkan negara ini dan kembali ke jalurnya daripada teman baik saya, Joe Biden," kata Obama.

    “Yang membuat saya optimis adalah kenyataan bahwa ada kebangkitan besar yang terjadi di seluruh negeri, terutama di antara orang-orang muda. Para pemuda ini muak dengan pendekatan tata pemerintahan yang amburadul, tidak teratur, dan penuh semangat yang telah kita lihat sebelumnya beberapa tahun," tambahnya.

    Biden mengatakan dia setuju dengan pernyataan Obama tentang perubahan politik. Dia juga menyarankan para pemimpin dunia telah bosan dengan Trump, dengan mengatakan "mereka putus asa, sangat menunggu kepemimpinan Amerika."

    Biden tidak mengadakan kampanye secara langsung sejak pertengahan Maret karena pandemi virus korona.

    Dia sebagian besar tetap di rumah Delaware, menggunakan media sosial, wawancara televisi atau iklan untuk menyerang Trump. Menurut Biden, Trump gagal untuk menahan penyebaran virus dan meningkatkan kondisi ekonomi bagi jutaan orang Amerika yang menderita.

    Trump, sementara itu, telah mengabaikan pedoman pemerintahnya sendiri dan mengadakan beberapa kampanye secara langsung. Termasuk kampanye akhir pekan di Tulsa, Oklahoma yang sepi pendukung.

    Kemudian Trump menindaklanjuti dengan kampanye Selasa di Phoenix. Baik Oklahoma maupun Phoenix mencatat mengalami lonjakan kasus virus korona, tetapi sebagian besar peserta tidak memakai topeng.

    Kampanye online Biden mengonfirmasi berlanjutnya popularitas presiden kulit hitam pertama negara itu, dan kampanye itu mengatakan ‘menyoroti kekuatan gerakan akar rumput’ ketika meluncurkan semangat kampanye yang lebih intens.

    Obama berbicara tentang urgensi mengadvokasi perubahan sistemik yang lebih luas selama periode meningkatnya ketegangan atas ketidakadilan rasial dan kebrutalan polisi.

    "Apa pun yang telah Anda lakukan sejauh ini tidak cukup," sebut Obama kepada pendukung Partai Demokrat, seraya mendesak mereka untuk menggunakan momentum protes jalanan baru-baru ini sebagai katalis untuk perubahan politik.

    "Kami memiliki kesempatan unik ini untuk menerjemahkan kesadaran yang tumbuh tentang ketidakadilan di masyarakat menjadi undang-undang aktual dan perubahan kelembagaan," kata Obama.

    Pada Mei, Biden dan Partai Demokrat mengumpulkan hampir USD81 juta, atau 10 persen lebih banyak dari Trump. Meskipun Presiden Trump memiliki lebih banyak uang kampanye secara keseluruhan.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id