Sekjen PBB Serukan Kembali Gencatan Senjata Global

    Willy Haryono - 04 April 2020 18:02 WIB
    Sekjen PBB Serukan Kembali Gencatan Senjata Global
    Sekjen PBB Antonio Guterres. (Foto: AFP)
    New York: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres menyerukan kembali gencatan senjata global agar semua orang di seantero dunia fokus menghadapi pandemi virus korona (covid-19). "Seruan gencatan senjata global terus disuarakan di seluruh dunia," ujar Guterres dalam sebuah konferensi pers virtual.

    Sepuluh hari lalu, Guterres menyerukan gencatan senjata di "seluruh penjuru dunia" untuk memperkuat aksi diplomatik, membantu menciptakan situasi aman untuk penyaluran bantuan, dan juga menghidupkan harapan di negara-negara yang rentan terkena covid-19.

    "Pandemi ini telah memicu konsekuensi sosial, ekonomi, dan politik, termasuk terkait perdamaian dan keamanan internasional," tutur Guterres.

    "Sebaiknya hanya ada satu perjuangan di dunia kita hari ini, yakni perang melawan covid-19," sambungnya, dilansir dari Xinhua, Sabtu 4 April 2020.

    Menurut Guterres, seruan gencatan senjata global telah didukung "banyak negara, yang jumlahnya mencapai 70." Tidak hanya negara, sejumlah organisasi dan pihak lainnya juga mendukung seruan tersebut.

    "Para pemuka agama juga telah menyuarakan dukungannya terhadap gencatan senjata global," kata Guterres.

    Di waktu bersamaan, Guterres menekankan bahwa ada perbedaan mendasar antara deklarasi dan aksi nyata. Ia ingin komunitas global tak hanya menyerukan gencatan senjata, tapi juga mengambil tindakan nyata dalam menjaga perdamaian demi memfokuskan usaha melawan covid-19.

    Guterres menyadari bahwa implementasi gencatan senjata, terutama di zona-zona konflik yang perseteruannya telah berlangsung lama, bukan perkara mudah.

    "Untuk membungkam senjata api, kita harus meningkatkan suara perdamaian," sebut Guterres.

    Sementara itu, berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins, jumlah kasus covid-19 di kancah global telah melewati 1,1 juta dengan lebih dari 58 ribu kematian dan 226.873 pasien sembuh.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id