comscore

Kepada Jokowi, Putin Jelaskan Situasi Perang Ukraina Secara Terperinci

Marcheilla Ariesta - 01 Juli 2022 17:29 WIB
Kepada Jokowi, Putin Jelaskan Situasi Perang Ukraina Secara Terperinci
Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Kremlin, Moskow./AFP
Moskow: Rusia mendukung kepemimpinan Indonesia di G20 tahun ini. Dukungan disampaikan langsung Presiden Vladimir Putin kepada Presiden Joko Widodo di Rusia pada Kamis, 30 Juni 2022 kemarin.

"Kami tentu saja mendukung upaya Indonesia, dan secara pribadi Yang Mulia Presiden, dalam mempersiapkan dan menjadi tuan rumah KTT G20 yang akan diselenggarakan di Indonesia tahun ini," kata Putin dalam pernyataan bersama dengan Presiden Jokowi di Kremlin.
Kehadiran Putin di KTT itu sebenarnya ditentang oleh para pemimpin G7 yang juga anggota dari G20. Mereka mengatakan, 'tidak sudi' untuk duduk bersama dengan orang yang memerintahkan perang di Ukraina.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari dimulai, berbagai kecaman hingga sanksi diberikan negara Barat ke Moskow. Mereka ingin agar Negeri Beruang Merah menghentikan invasi yang oleh Rusia disebut sebagai 'operasi militer khusus'.

Krisis kini menghantam tak hanya Rusia, Ukraina dan negara sekitar tapi juga dunia. Karenanya, Presiden Jokowi datang ke kedua negara yang berseteru itu membawa misi perdamaian.

"Tentu saja pembicaraan (kami) menyentuh beberapa isu masalah regional dan internasional yang paling mendesak," kata Putin.

Baca juga: Putin Lirik Kerja Sama Nuklir hingga Pembangunan IKN Nusantara

"Saya memberi tahu Yang Mulia Presiden secara terperinci tentang situasi sekarang di Ukraina," ungkapnya.

Putin mengatakan Rusia dan Indonesia akan mengoordinasikan posisinya di lingkup PBB, dan organisasi internasional lainnya, termasuk ASEAN.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi mengatakan bahwa ia menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada pemimpin Rusia itu.

"Saya menyampaikan pesan Presiden Zelensky kepada Presiden Putin," kata Jokowi setelah berbicara dengan Putin dalam komentar yang diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia.

"Indonesia siap untuk membantu memulai 'komunikasi' antara kedua pemimpin," sebut Presiden.
 
Jokowi berada di Kiev pada Rabu sebelum menuju ke Moskow untuk bertemu dengan Putin, yang pada 24 Februari mengirim pasukan ke Ukraina yang pro-Barat.

"Meskipun situasi eksternal masih sulit, namun tetap penting untuk bergerak ke arah penyelesaian dan dialog terbuka," kata Jokowi di Moskow.
 
Menurut Presiden, saat ini Indonesia ingin melihat perang segera berakhir.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id