Polandia Tak Sengaja 'Invasi' Republik Ceko

    Willy Haryono - 14 Juni 2020 11:09 WIB
    Polandia Tak Sengaja 'Invasi' Republik Ceko
    Sekelompok prajurit Polandia. (Foto: AFP Photo/Ceerwan Aziz)
    Warsawa: Polandia mengaku tak sengaja 'menginvasi' Republik Ceko bulan lalu. Kementerian Pertahanan Polandia menyebut kejadian tersebut sebagai sebuah "kesalahpahaman."

    Pasukan Polandia bersiaga di perbatasan negara sebagai bagian dari langkah-langkah pencegahan penyebaran virus korona (covid-19).

    Alih-alih di wilayah Polandia, mereka ternyata bersiaga di sebuah gereja kecil di area Republik Ceko. Pasukan Polandia bersiaga di sana selama beberapa hari.

    Saat bertugas, pasukan Polandia mencegah warga Republik Ceko yang datang untuk mengunjungi gereka tersebut. Pemerintah Republik Ceko akhirnya menyadari hal tersebut dan langsung menghubungi pemerintahan pusat Polandia di Warsawa.

    Dikutip dari BBC, Minggu 14 Juni 2020, insiden terjadi di Moravia, sebuah area yang merupakan bagian dari tanah bersejarah Silesia -- beberapa bagiannya kini menjadi wilayah milik Republik Ceko.

    Pemerintah Polandia menyebut insiden tersebut sebagai sebuah kesalahan. Kementerian Luar Negeri Republik Ceko mengaku belum dapat penjelasan resmi mengenai insiden tersebut.

    Kabar mengenai 'invasi' Polandia di Moravia pertama kali muncul di surat kabar Denik. Disebutkan bahwa seorang pekerja konstruksi Republik Ceko hendak mengambil foto sebuah gereja kecil yang sedang menjalani perbaikan.

    Namun ia diusir pasukan Polandia yang memegang senapan mesin. Pasukan Polandia juga membuat semacam barikade di area sekitar gereja.

    Denik kemudian mengirim seorang juru kamera ke lokasi. Rangkaian fotonya mengonfirmasi pengakuan sang pekerja konstruksi.

    Gereja kecil itu berlokasi sekitar 30 meter dari garis perbatasan Polandia-Republik Ceko. Perbatasan kedua negara hanya ditandai dengan sebuah sungai kecil.

    Menurut keterangan Denik, pasukan Polandia awalnya berada di wilayah mereka di tepi sungai. Namun entah mengapa, mereka mengubah posisi dan masuk ke wilayah Republik Ceko.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id