Presiden Polandia Yakin Menang di Pilpres Putaran Kedua

    Willy Haryono - 12 Juli 2020 13:54 WIB
    Presiden Polandia Yakin Menang di Pilpres Putaran Kedua
    Presiden Polandia Andrzej Duda. (Foto: AFP)
    Warsawa: Warga Polandia kembali mendatangi tempat pemungutan suara untuk mengikuti pemilihan umum presiden putaran kedua pada Minggu 12 Juli 2020. Petahana Andrzej Duda, sekutu dari partai penguasa PiS, optimistis dapat mengalahkan Wali Kota Warsawa Rafal Trzaskowski.

    Terpilihnya kembali Duda merupakan hal krusial bagi PiS jika partai tersebut ingin memperdalam reformasi yudisial di Polandia.

    "Saya meyakini kita dapat membangun Polandia yang selama ini kita dambakan. Polandia yang adil, makmur, kuat. Polandia yang dapat melindungi kelompok lemah dan tidak takut terhadap kelompok kuat," kata Duda kepada para pendukungnya, beberapa hari sebelum pilpres.

    TPS di seantero Polandia mulai dibuka pada pukul 05.00 dan ditutup pada 19.00 waktu setempat. Selama berlangsungnya pemungutan suara, beberapa lembaga survei akan merilis hasil exit poll.

    Duda mendeskripsikan dirinya sendiri sebagai pelindung nilai-nilai Katolik di Polandia. Ia juga berjanji akan melanjutkan program benefit sosial yang selama ini telah mengubah kehidupan banyak masyarakat Polandia, terutama di kalangan menengah ke bawah.

    Pilpres Polandia awalnya dijadwalkan berlangsung pada Mei lalu, namun ditunda karena adanya pandemi covid-19. Dalam pilpres kali ini, komisi elektoral menerapkan sistem hibrida -- perpaduan pengiriman lewat pos dan TPS biasa -- untuk meminimalisasi penyebaran covid-19.

    Terdapat batasan jumlah orang yang dapat memasuki sebuah TPS. Para pemilih diwajibkan menggunakan masker dan juga menjaga jarak minimal dua meter antar sesama.

    Masker wajah hanya bisa dibuka sementara saat berada di depan petugas TPS untuk keperluan identifikasi. Para pemilih juga diimbau membawa sendiri pulpen mereka dan menggunakan disinfektan saat memasuki bilik suara.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id