G7 Berjanji Segera Salurkan 1 Miliar Vaksin Covid-19

    Willy Haryono - 14 Juni 2021 06:00 WIB
    G7 Berjanji Segera Salurkan 1 Miliar Vaksin Covid-19
    PM Inggris Boris Johnson dalam konferensi pers di hari terakhir rangkaian KTT G7 di Cornwall pada Minggu, 13 Juni 2021. (Ben STANSALL / AFP / POOL)



    Cornwall: Jajaran pemimpin negara anggota Group of Seven (G7) menjanjikan donasi satu miliar vaksin Covid-19 untuk negara-negara miskin dalam "langkah besar menuju memvaksinasi seluruh dunia." Demikian disampaikan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson di akhir rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi G7 di Cornwall pada Minggu, 13 Juni 2021.

    Semua negara anggota G7 disebut PM Johnson telah menolak "pendekatan nasionalistik" dalam memerangi pandemi Covid-19. Ia menegaskan bahwa memvaksinasi seluruh dunia akan memperlihatkan manfaat dari nilai-nilai demokratis G7.

     



    "Dunia berharap kepada kami untuk menolak pendekatan nasionalistik dan egois yang menghambat respons global dalam melawan pandemi," kata PM Johnson, dilansir dari laman BBC.

    "Tidak hanya itu, dunia juga mengharapkan kami semua untuk menyalurkan semua kekuatan diplomatik, ekonomi, dan ilmu pengetahuan dalam upaya mengalahkan Covid," sambungnya.

    Ia mengatakan jajaran petinggi G7 berjanji memasok vaksin Covid-19 ke negara-negara miskin, baik secara langsung maupun melalui skema COVAX yang diinisiasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dari total 1 miliar vaksin yang dijanjikan, Inggris akan menyumbang 100 juta dosis.

    Komunike di akhir rangkaian KTT G7 menekankan tekad semua negara anggota dalam mengakhiri pandemi dengan cara menghadirkan "sebanyak mungkin vaksin yang aman bagi sebanyak mungkin orang."

    Baca:  WHO Tegaskan Donasi 1 Miliar Vaksin Covid-19 dari G7 'Tidak Cukup'

    PM Johnson menolak anggapan bahwa janji donasi 1 miliar vaksin ini merupakan kegagalan moral G7 karena kurang dapat memenuhi kebutuhan negara-negara miskin lebih awal selama pandemi.

    Ia menekankan bahwa Inggris sudah berkontribusi terhadap isu kesenjangan vaksin dengan mendistribusikan produk Oxford-AstraZeneca ke seluruh dunia.

    "Dari 1,5 miliar vaksin yang sudah didistribusikan di seluruh dunia, saya rasa orang-orang di negara ini harus bangga karena setengah miliarnya adalah hasil dari langkah-langkah yang telah diambil oleh Pemerintah Inggris bersama jajaran ilmuwan Oxford dan AstraZeneca," ungkap PM Johnson.

    "Kami akan memproduksi vaksin secepat mungkin, dan mendistribusikannya juga secepat yang kami bisa," sambung dia.

    Selain soal pandemi Covid-19, komunike KTT G7 juga meliputi pembahasan perubahan iklim. Para pemimpin menekankan kembali komitmen mereka dalam mencapai target nol emisi gas rumah kaca pada 2050, dan juga bertekad mengeliminasi atau menekan penggunaan energi berbasis batu bara.

    Vaksin Slank untuk Indonesia

    Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.

    Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.

     

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id