Rangkaian Proses Pemakaman Pangeran Philip

    Marcheilla Ariesta - 16 April 2021 22:26 WIB
    Rangkaian Proses Pemakaman Pangeran Philip
    Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip menyapa warga Inggris dari Istana Buckingham. Foto: AFP.



    London: Pangeran Philip, suami dari Ratu Inggris Elizabeth II akan dimakamkan pada Sabtu, 17 April 2021 pukul 15.00 waktu setempat. Ia akan dimakamkan di Kapel St. George, Kastil Windsor.

    Protokol pemakaman Philip sudah diatur sedemikian rupa, mengikuti kebijakan yang diterapkan saat pandemi virus korona (covid-19). Hanya 30 tamu yang terdiri dari keluarga dan teman-teman terdekat Duke of Edinburgh yang akan menghadiri upacara pemakaman.






    Beberapa anggota keluarga kerajaan dan keluarga Pangeran Philip akan langsung meninggalkan Kastil Windsor menuju Kapel St. George. Mereka tidak akan ikut dalam iring-iringan jenazah oleh militer.

    Rencananya, prosesi iring-iringan jenazah akan dimulai sekitar pukul 14.20 dengan peti mati akan dibawa dengan Land Rover, mobil kesayangan Philip. Prosesi iring-iringan dari Kastil Windsor ke Kapel St. George akan dipimpin kelompok Pengawal Grenadier.

    Dua cucu Philip, Pangeran William dan Harry akan berjalan di belakang peti mati. Istrinya, Ratu Elizabeth II akan masuk ke kapel St George melalui teras Galilea.

    Dilansir dari BBC, Jumat, 16 April 2021, tepat pukul 15.00, upacara pemakaman akan diawali dengan Mengheningkan Cipta selama satu menit di seluruh negara itu, untuk mengenang Duke of Edinburgh. Di awal dan akhir Mengheningkan Cipta akan ditandai dengan senjata yang ditembakkan Artileri Pasukan Berkuda Raja.

    Usai ibadah, jenazah Pangeran Philip akan dimakamkan di lemari besi kerajaan.

    Masyarakat diminta untuk tidak menghadiri acara pemakaman, sejalan dengan adanya kebijakan pemerintah Inggris terkait penyebaran virus korona (covid-19). Keluarga Kerajaan juga meminta masyarakat tidak meninggalkan karangan bunga di kediaman mereka.

    Baca juga: Daftar 30 Orang yang Akan Hadiri Pemakaman Pangeran Philip

    Lewat situs web Keluarga Kerajaan Inggris, mereka meminta masyarakat untuk memberikan sumbangan ke badan amal, alih-alih meninggalkan buket bunga di depan istana. Sebuah buku duta cita secara daring juga dipersiapkan untuk mengenang Duke of Edinburgh.

    Masa berkabung nasional akan berakhir pada hari pemakaman. Namun, keluarga akan terus berkabung selama dua pekan meskipun sudah diizinkan untuk melakukan tugas kenegaraan mereka.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id