Gedung Putih: Trump Sudah Tidak Berisiko Menularkan Covid-19

    Willy Haryono - 11 Oktober 2020 09:09 WIB
    Gedung Putih: Trump Sudah Tidak Berisiko Menularkan Covid-19
    Presiden AS Donald Trump berpidato dari balkon Gedung Putih di Washington pada Sabtu, 10 Oktober 2020. (AFP/Getty)
    Washington: Gedung Putih akhirnya mengeluarkan informasi seputar kesehatan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, setelah sempat bungkam sejak Kamis kemarin. Sean Conley, dokter Gedung Putih, mengatakan bahwa Trump "sudah tidak lagi berisiko menularkan covid-19 ke orang lain."

    Informasi terbaru mengenai kesehatan Trump disampaikan Conley melalui sebuah memo. Sebelum memo itu keluar, Trump sudah berpidato dari area balkon Gedung Putih di hadapan para pendukungnya.

    Pidato Trump tersebut merupakan acara publik pertamanya sejak diagnosis covid-19.

    "Rangkaian tes terbaru presiden memperlihatkan bahwa tidak ada lagi bukti mengenai replikasi virus (covid-19) secara aktif," tulis Conley, dikutip dari laman BBC, Minggu 11 Oktober 2020.

    Namun Conley tidak menjelaskan apakah ini berarti Trump sudah berstatus negatif covid-19.

    Kekhawatiran muncul saat Trump mengumumkan rencana kembali berkampanye, meski dirinya belum dinyatakan sembuh dari covid-19. Kampanye perdana dimulai di Gedung Putih, dan yang selanjutnya di Florida pada Senin mendatang.

    Saat berpidato di balkon Gedung Putih, Trump melepas maskernya dan mulai melancarkan serangan kepada rivalnya dari Partai Demokrat, Joe Biden menjelang pilpres as pada November mendatang. Ia menuding program-program kerja Demokrat sudah melampaui "sosialisme dan komunisme."

    Trump mengulang pernyataan sebelumnya, bahwa ia lebih banyak berkontribusi terhadap komunitas kulit hitam di AS dibanding presiden manapun sejak Abraham Lincoln. Meski ini bukan acara kampanye resmi, Trump menyampaikan banyak isu andalannya, seperti perekonomian, tembok perbatasan, dan pemungutan suara via pos.
     
    Ia juga mengklaim covid-19 kini sudah mulai "menghilang." Beberapa saat sebelum pidato Trump di balkon Gedung Putih, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mencatat adanya tambahan 58.302 kasus covid-19 dalam 24 jam terakhir.

    Sejauh ini, covid-19 telah menewaskan lebih dari 210 ribu orang di seantero AS.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id