comscore

Gubernur Luhansk Perkirakan Fokus Utama Rusia Sekarang Rebut Donetsk

Marcheilla Ariesta - 04 Juli 2022 21:08 WIB
Gubernur Luhansk Perkirakan Fokus Utama Rusia Sekarang Rebut Donetsk
Gubernur Luhansk perkirakan fokus utama Rusia saat ini rebut Donetsk./AFP
Kiev: Gubernur Luhansk, Serhiy Gaidai mengatakan, Rusia akan mengalihkan fokus utama perangnya di Ukraina. Langkah ini untuk merebut semua wilayah Donetsk setelah Luhansk jatuh ke tangan Negeri Beruang Merah.

Gaidai memperkirakan, kota Sloviansk dan kota Bakhmut, khususnya, akan diserang berat ketika Rusia mencoba untuk mengambil kendali penuh atas apa yang dikenal sebagai Donbas di Ukraina timur.
Rusia mengatakan telah membentuk kendali penuh atas wilayah Luhansk menyusul penarikan pasukan Ukraina dari kota Lysychansk yang dibom. Namun, menurut Gaidai pertempuran berlanjut di dua desa kecil.

"Hilangnya wilayah Luhansk menyakitkan karena itu adalah wilayah Ukraina. Bagi saya pribadi, ini istimewa. Ini adalah tanah air tempat saya dilahirkan dan saya juga kepala wilayah itu," kata Gaidai, dilansir dari Channel News Asia, Senin, 4 Juli 2022.

"Dalam hal militer, meninggalkan posisi itu buruk, tetapi tidak ada yang kritis. Kita perlu memenangkan perang, bukan pertempuran untuk Lysychansk," imbuhnya.

Meskipun menyakitkan, kata Gaidai, namun mereka tidak kalah dalam perang.

Baca juga: Rebut Kota Lysychansk, Rusia Klaim Telah Berhasil 'Bebaskan' Luhansk

Dia mengatakan, penarikan dari Lysychansk telah "terpusat" dan teratur. Menurutnya, diperlukan untuk menyelamatkan nyawa tentara Ukraina yang berada dalam bahaya dikepung.

"Mereka (pasukan Rusia) tidak akan mentransfer 100 persen pasukan mereka ke beberapa front karena mereka perlu mempertahankan garis. Jika mereka meninggalkan posisi mereka, maka kami dapat melakukan semacam serangan balasan," kata Gaidai.

"Namun, bagi mereka, tujuan nomor 1 adalah wilayah Donetsk. Sloviansk dan Bakhmut akan diserang - Bakhmut sudah mulai ditembaki dengan sangat keras," sambung dia.

Sejak meninggalkan serangan di ibu kota Kiev, Rusia telah memusatkan operasi militernya di jantung industri Donbas yang terdiri dari Luhansk dan Donetsk, di mana proksi separatis yang didukung Moskow telah memerangi Ukraina sejak 2014.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id