comscore

Populer Internasional: Prancis Wajibkan Masker Hingga Pemakaman Desmond Tutu

Willy Haryono - 03 Januari 2022 08:04 WIB
Populer Internasional: Prancis Wajibkan Masker Hingga Pemakaman Desmond Tutu
Anak-anak memakai masker saat beraktivitas di sebuah sekolah dasar di Toulouse, Prancis, 1 September 2020. (Lionel BONAVENTURE / AFP)
Paris: Otoritas kesehatan Prancis mengumumkan bahwa anak-anak usia 6 tahun ke atas wajib memakai masker di area publik ruang tertutup mulai hari Sabtu, 1 Januari. Pengumuman disampaikan usai Prancis mencatat rekor lonjakan kasus harian Covid-19 pada Jumat kemarin.

Kabar tersebut menjadi salah satu berita terpopuler di kanal internasional Medcom.id pada Senin, 3 Januari 2022.
Dua berita terpopuler lainnya adalah Iran yang mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengambil tindakan formal terhadap Amerika Serikat terkait pembunuhan Qassem Soleimani, dan prosesi pemakaman negara untuk ikon anti-apartheid Desmond Tutu.

Berikut selengkapnya: 

  • Prancis Wajibkan Pemakaian Masker untuk Anak-Anak Usia 6 Tahun ke Atas
Sebelumnya, Prancis hanya mewajibkan pemakaian masker bagi anak-anak usia 11 tahun ke atas. Revisi kebijakan ini merupakan bagian dari upaya Prancis agar semua sekolah dapat tetap dibuka walau infeksi harian Covid-19 di seantero negeri terus bertambah.
 
Kewajiban memakai masker bagi anak-anak usia 6 tahun ke atas ini juga berlaku di kota-kota lain di luar Paris dan Lyon.

Sabtu kemarin, Prancis mencatat 219.126 tambahan kasus Covid-19 dalam periode 24 jam. Satu hari sebelumnya, infeksi harian menyentuh angka 232.200.

Apa lagi detail dari kondisi terkini terkait pandemi Covid-19 di Prancis? Cek selengkapnya di sini.
  • Iran Desak PBB Ambil Tindakan Formal terhadap AS Terkait Pembunuhan Soleimani
Iran meminta PBB untuk mengambil tindakan formal terhadap AS atas pembunuhan jenderal ternama mereka, Qassem Soleimani. Komandan elite Pasukan Quds Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) itu tewas dua tahun lalu dalam serangan pesawat nirawak (drone) AS.

Dalam sebuah surat kepada Majelis Umum PBB, departemen hukum kantor kepresidenan Iran menyerukan "semua inisiatif hukum dalam kekuasaannya, termasuk mengeluarkan resolusi" untuk mengutuk pemerintah AS demi mencegah kejadian serupa di masa mendatang.

Apa isi surat yang ditulis Iran untuk PBB? Cek selengkapnya di sini.
  • Salam Perpisahan Terakhir untuk Ikon Anti-Apartheid Desmond Tutu
Pemakaman kenegaraan untuk ikon anti-apartheid Afrika Selatan Desmond Tutu telah berlangsung di Cape Town, Afsel pada Sabtu, 1 Januari 2022. Prosesi pemakaman di dalam gereja Katedral St George hanya dihadiri 100 orang terkait dengan aturan pengendalian Covid-19.
 
Desmond Tutu meninggal dunia di usia 90 tahun pada 26 Desember lalu, setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker prostat.

Peraih Hadiah Nobel Perdamaian di tahun 1984, Desmond Tutu pernah mengungkapkan keinginan agar jasadnya ditaruh di dalam peti mati termurah dan paling sederhana. Ia juga berpesan agar uang yang dialokasikan untuk karangan bunga sebaiknya didonasikan kepada mereka yang membutuhkan.

Seperti apa sosok Desmond Tutu di mata orang-orang? Cek selengkapnya di sini.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id