comscore

Italia Tegaskan Sanksi terhadap Rusia Diperlukan untuk Dorong Negosiasi

Willy Haryono - 28 Juni 2022 23:02 WIB
Italia Tegaskan Sanksi terhadap Rusia Diperlukan untuk Dorong Negosiasi
PM Italia Mario Draghi berbicara dalam konferensi pers di penutupan KTT G7 di Schloss Elmau, Jerman, 28 Juni 2022. (Tobias SCHWARZ / AFP)
Munich: Perdana Menteri Italia Mario Draghi menyebut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 tahun ini yang berlangsung di Jerman "berlangsung sukses." Ia mengatakan bahwa negara-negara G7 akan selaly mendukung Ukraina yang terus digempur pasukan Rusia sejak 24 Februari lalu.

Di waktu bersamaan, G7 juga berkomitmen untuk terus menekan Rusia melalui serangkaian sanksi ekonomi.
"Negara-negara kami telah menekankan kembali kohesi penuh da luar biasa. Kami memiliki kesamaan pandangan, terutama terkait perang di Ukraina dan konsekuensinya," kata PM Draghi dalam konferensi pers di penutupan KTT G7 di Schloss Elmau, Selasa, 28 Juni 2022.

"Sanksi terhadap Rusia diperlukan untuk mendorong (Moskow) ke meja negosiasi. Tidak akan ada perdamaian jika Ukraina tidak dapat membela diri mereka sendiri," sambungnya, dikutip dari Anadolu Agency.

PM Draghi mengatakan bahwa Presiden Ukraina Volodymy Zelensky telah memberikan informasi terbaru kepada G7 mengenai kondisi terkini di negaranya.

Merespons pertanyaan mengenai kemungkinan hadirnya Presiden Rusia Vladimir Putin dalam KTT G20 di Bali pada November mendatang, PM Draghi mengatakan bahwa "sebuah intervensi dari jauh bisa saja terjadi." Ia merujuk pada kemungkinan kehadiran Putin secara virtual.

Mengenai perang di Ukraina, PM Draghi mengatakan bahwa salah satu dampaknya adalah penguatan dan penambahan anggota aliansi NATO, yakni Swedia dan Finlandia.

"Berbagai hal terjadi di luar yang diperkirakan Putin," ucapnya. Kendati begitu, PM Draghi mengaku sulit untuk memprediksi kapan perang Rusia-Ukraina ini akan berakhir.

Baca: Olokan Pemimpin G7 untuk Vladimir Putin

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id