comscore

Oposisi Kazakhstan akan Berdemo, Pasukan Keamanan Blokir Jalanan Almaty

Marcheilla Ariesta - 19 Januari 2022 15:14 WIB
Oposisi Kazakhstan akan Berdemo, Pasukan Keamanan Blokir Jalanan Almaty
Kondisi salah satu gedung pemerintah yang hangus terbakar di kota Almaty, Kazakhstan, 10 Januari 2022. (Alexandr BOGDANOV / AFP)
Almaty: Pasukan keamanan memblokir beberapa ruas jalan dan menutup salah satu alun-alun kota terbesar di Kazakhstan, Almaty. Langkah ini diambil setelah kelompok oposisi berencana menggelar aksi protes.

Dilansir dari Malay Mail, Kazakhstan diguncang kerusuhan masif yang dipicu unjuk rasa menentang kenaikan harga bahan bakar pada awal Januari lalu. Total 227 orang tewas dalam kejadian tersebut, dan mayoritasnya terjadi di Almaty.
Hari ini, Rabu, 19 Januari 2022, sebuah kelompok oposisi yang dipimpin Mukhtar Ablyazov berencana berunjuk rasa di luar gedung pemerintah daerah di kota-kota besar, termasuk Almaty.

Ablyazov merupakan mantan bankir yang berubah menjadi kritikus pemerintah yang hidup dalam pengasingan.

Pengadilan Kazakhstan telah memutuskan bahwa gerakan politik Ablyazov, Pilihan Demokratik Kazakhstan, masuk kategori ekstremisme.

Sementara itu, status darurat yang diberlakukan di Kazakhstan selama kerusuhan telah berakhir pada Rabu dini hari waktu setempat.

Otoritas Kazakhstan mengonfirmasi bahwa kondisi di seantero negeri telah berangsur kondusif, namun operasi anti-teroris akan tetap berlanjut di sejumlah wilayah.
 
"Teroris" dan "bandit" merupakan istilah yang dipakai otoritas Kazakhstan terhadap sekelompok orang yang dinilai memicu terjadinya kerusuhan.

Baca:  Kazakhstan Akhiri Status Darurat, Operasi Anti-Teroris Tetap Berlanjut

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id