Di Tengah Kisruh Taiwan, Pejabat AS dan Tiongkok Bertemu di Swiss

    Marcheilla Ariesta - 06 Oktober 2021 09:09 WIB
    Di Tengah Kisruh Taiwan, Pejabat AS dan Tiongkok Bertemu di Swiss
    Penasihat keamanan nasional Presiden Amerika Serikat (AS), Jake Sullivan/AFP



    Zurich: Penasihat keamanan nasional Presiden Amerika Serikat (AS), Jake Sullivan melakukan pertemuan dengan diplomat top Tiongkok, Yang Jiechi di Swiss. Pertemuan keduanya untuk meningkatkan komunikasi di tengah persaingan strategis yang semakin dalam.

    Pertemuan di Zurich datang saat ketegangan meningkat antara dua ekonomi terbesar dunia tersebut, termasuk untuk masalah Taiwan. Ini akan menjadi pertemuan pertama Sullivan dengan Yang sejak di Alaska pada Maret lalu.

     



    Gedung Putih mengatakan, pertemuan tersebut menindaklanjuti komunikasi telepon Presiden Joe Biden dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

    "Karena kami terus berusaha bertanggung jawab mengelola persaingan antara Amerika Serikat dan Tiongkok," kata Gedung Putih dalam pernyataan mereka.

    Dilansir dari Channel News Asia, pertemuan keduanya akan dilakukan pada hari ini, Rabu, 6 Oktober 2021. Surat kabar South China Morning Post mengutip seorang pejabat mengatakan, tujuan pertemuan untuk membangun kembali komunikasi antara kedua negara.

    "Juga untuk menerapkan konsensus yang dicapai antara Xi dan Biden," kata surat kabar tersebut.

    Sementara itu, media pemerintah Tiongkok, The Global Times, mengatakan Negeri Tirai Bambu bersedia membangun perdagangan saling menguntungkan dengan Amerika Serikat. Namun, tidak akan membuat konsesi pada prinsipnya dan tidak takut akan persaingan yang berlarut-larut.

    "Perang perdagangan Tiongkok-AS telah berlangsung selama lebih dari tiga setengah tahun. Bukannya melemah, ekonomi Tiongkok telah mengambil langkah maju dibandingkan dengan skala AS," tutur mereka.

    Baca juga: AS Siapkan Opsi Lain Jika Kesepakatan Nuklir Iran Gagal

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id