Untuk Pertama Kali, Trump Akan Wakili AS pada KTT APEC Minggu Ini

    Fajar Nugraha - 19 November 2020 12:57 WIB
    Untuk Pertama Kali, Trump Akan Wakili AS pada KTT APEC Minggu Ini
    Presiden AS Donald Trump akan hadir dalam KTT APEC secara virtual. Foto: AFP
    Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana untuk mewakili AS pada pertemuan virtual Asia-Pasifik minggu ini yang juga dihadiri Presiden Tiongkok Xi Jinping.

    Partisipasi Trump dalam forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) yang diselenggarakan secara virtual oleh Malaysia pada Jumat akan menjadi yang pertama di acara tersebut sejak 2017. KTT APEC kali ini adalah satu-satunya saat dia berpartisipasi.

    Berita itu muncul setelah pemerintahan Trump yang akan keluar menghadapi kritik karena partisipasi tingkat rendah pada KTT Asia Timur virtual akhir pekan lalu, di sela-sela 15 negara menandatangani kesepakatan perdagangan regional besar yang didukung Tiongkok.

    "POTUS sedang memimpin (dalam pertemuan) APEC," kata seorang pejabat AS, yang tidak ingin disebutkan namanya, menggunakan singkatan dari Presiden Amerika Serikat, seperti dikutip AFP, Kamis 19 November 2020.

    Gedung Putih menolak berkomentar dan meski rencana saat ini adalah agar Trump ambil bagian di APEC, presiden dari Partai Republik disibukkan dengan perjuangan berat untuk melawan kekalahannya dalam pemilihan presiden 3 November. Di masa lalu, dia berubah pikiran tentang ikut serta dalam pertemuan semacam itu.

    Sementara Presiden Xi dijadwalkan menjadi salah satu peserta dalam pertemuan para pemimpin APEC Jumat dan juga akan berpidato di konferensi kepala eksekutif mulai Kamis.

    KTT APEC tahun lalu, yang seharusnya dihadiri Trump, tidak terjadi karena Chile mundur dari penyelenggaraannya di tengah protes jalanan yang penuh kekerasan.

    Wakil Presiden Mike Pence mewakili Amerika Serikat di APEC pada 2018 di tengah meningkatnya ketegangan AS-Tiongkok, yang telah memburuk sejak ke level terburuk dalam beberapa dekade.

    Trump gagal dalam upaya pemilihan ulangnya setelah kampanye yang menyoroti persaingan dengan Tiongkok. Meskipun dia menolak untuk mengakui kekalahan, Presiden terpilih AS Joe Biden akan mengambil alih pada 20 Januari.

    APEC diadakan hampir tahun ini karena pandemi covid-19, yang telah melanda Amerika Serikat paling keras dan yang dituduhkan Trump pada Tiongkok.

    Pejabat AS yang bertanggung jawab atas APEC mengatakan pekan lalu bahwa Amerika Serikat belum memutuskan siapa yang akan menghadiri pertemuan para pemimpin, menyarankan Xi akan menjadi sorotan pada saat pengaruh Tiongkok yang terus meningkat di seluruh Asia.

    Pernyataan bersama menteri APEC pada Senin menguraikan perlunya praktik perdagangan yang bebas, adil dan non-diskriminatif untuk mendorong pemulihan ekonomi dari pandemi dan reformasi struktural untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif.

    Ketidakhadiran Trump di KTT Asia Timur dipandang oleh banyak analis sebagai penghinaan meskipun pemerintahannya telah menyatakan Asia-Pasifik dan persaingan dengan Tiongkok sebagai prioritas kebijakan luar negeri.

    Kamar Dagang AS mengatakan pada Senin bahwa pihaknya prihatin bahwa Amerika Serikat tertinggal setelah Perjanjian Kemitraan Komprehensif Regional (RCEP) yang beranggotakan 15 negara membentuk blok perdagangan bebas terbesar di dunia. RCEP memperkuat peran dominan Tiongkok dalam perdagangan regional.

    Amerika Serikat absen dari RCEP dan penerus perjanjian perdagangan Trans-Pacific Partnership (TPP), yang ditarik Trump setelah menjabat pada 2017.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id