Minneapolis Menanti Keputusan Dewan Juri Persidangan Derek Chauvin

    Willy Haryono - 20 April 2021 06:52 WIB
    Minneapolis Menanti Keputusan Dewan Juri Persidangan Derek Chauvin
    Seorang warga berunjuk rasa di luar gedung pengadilan tempat berlangsungnya persidangan Derek Chauvin di Minneapolis, AS pada 19 April 2021. (Kerem YUCEL / AFP)



    Minneapolis: Dewan juri persidangan Derek Chauvin, mantan polisi yang dituduh membunuh pria kulit hitam George Floyd, tengah berdiskusi untuk mengeluarkan keputusan akhir. Keamanan di sekitar gedung pengadilan di kota Minneapolis, Amerika Serikat, ditingkatkan menjelang keluarnya keputusan.

    "Ini adalah pembunuhan," ujar pernyataan penutup tim jaksa pada Senin, 19 April. Sementara kubu pembela berargumen bahwa Chauvin telah mengikuti prosedur kepolisian dengan benar saat menindih leher Floyd dengan lutut.






    Ia berperilaku sebagai "polisi pada umumnya," kata pengacara Chauvin, Eric Nelson. Ia menyebut situasi seputar kematian Floyd telah memicu keraguan beralasan atas aksi Chauvin.

    Namun jaksa Steve Schleicher meminta dewan juri untuk menggunakan akal sehat mereka. "Percayalah dengan mata Anda semua. Apa yang Anda lihat, itulah yang terjadi," ujar Schleicher, merujuk pada video rekaman amatir yang memperlihatkan momen-momen akhir kematian Floyd.

    "Itu bukanlah tindakan seorang polisi. Itu adalah pembunuhan," sambungnya, dilansir dari laman BBC pada Selasa, 20 April 2021.

    Baca:  Kepala Kepolisian Minneapolis Sebut Derek Chauvin Langgar Kebijakan

    Video Chauvin, polisi kulit putih, yang menindih leher Floyd dengan lutut telah memicu aksi protes masif di AS dan sejumlah negara. Dalam video terdengar Floyd berkata "saya tidak bisa bernapas" dalam kondisi tertindih lutut Chauvin.

    Persidangan Chauvin dideskripsikan sejumlah pihak sebagai momen penentu hubungan antar ras dan standar perilaku polisi di AS.

    Aksi unjuk rasa di sejumlah kota AS diyakini akan terjadi, terlepas dari apakah dewan juri memutuskan Chauvin bersalah atau tidak atas kasus pembunuhan.

    Senin kemarin, Gubernur Minnesota Tim Walz telah meminta bantuan keamanan dari negara bagian Ohio dan Nebraska jelang keluarnya keputusan juri.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id