Survei: Hampir 80 Persen Warga AS Terima Hasil Pemilu

    Willy Haryono - 11 November 2020 12:14 WIB
    Survei: Hampir 80 Persen Warga AS Terima Hasil Pemilu
    Pendukung Donald Trump mengikatkan bendera Amerika Serikat dalam sebuah aksi unjuk rasa di Philadelphia, Pennsylvania pada Selasa, 10 November 2020. (Mark Makela/Getty/AFP)
    Washington: Hampir 80 persen warga Amerika Serikat, termasuk lebih dari separuh pendukung Partai Republik, mengakui Joe Biden sebagai pemenang dalam pemilu AS 2020. Angka tersebut didapat dari sebuah survei terbaru oleh Reuters/Ipsos.

    Meski hasil penghitungan suara di tiga negara bagian AS belum dapat dipastikan, Biden telah melampaui 270 electoral college atau suara elektoral yang dibutuhkan untuk menjadi seorang presiden.

    Survei nasional Reuters/Ipsos, yang dilakukan dari Sabtu petang kemarin hingga Selasa 10 November 2020, mencatat bahwa 79 persen orang dewasa di AS meyakini Biden telah menang dalam pemilu.

    Sekitar 13 persen lainnya mengatakan bahwa hasil pemilu AS belum dapat ditentukan, sementara hanya tiga persen yang meyakini petahana Donald Trump sebagai pemenangnya.

    Sementara hampir sepertiga dari total responden dalam survei nasional Reuters/Ipsos mempertanyakan kinerja jajaran petugas elektoral di sejumlah negara bagian AS.

    Dilansir dari laman nzherald.co.nz pada Rabu, 11 November 2020, hasil survei tersebut juga memperlihatkan pandangan dari Partai Demokrat dan juga Republik mengenai hasil pemilu AS. Sekitar enam dari 10 pendukung Republik meyakini Biden sebagai pemenang, sementara Demokrat hampir semuanya menerima hasil pemilu.

    Media-media besar AS telah memproyeksikan Biden sebagai pemenang pemilu AS pada Sabtu pekan kemarin. Namun hingga saat ini, Trump belum juga mau mengakui kekalahannya dan justru terus mengklaim kemenangan serta melayangkan tuduhan kecurangan kepada Demokrat via Twitter.

    Gedung Putih juga meneruskan proposal anggaran belanja negara untuk 2021. Gedung Putih juga menginstruksikan agensi-agensi federal untuk mengajukan proposal anggaran masing-masing -- pertanda bahwa Trump belum mau menyerah.

    Ditemui awak media di Wilmington, Delaware, Biden menilai sikap Trump tersebut sebagai sesuatu yang "memalukan."


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id