Kali Pertama, Menkeu AS akan Dijabat Seorang Perempuan

    Willy Haryono - 24 November 2020 08:52 WIB
    Kali Pertama, Menkeu AS akan Dijabat Seorang Perempuan
    Mantan Gubernur The Fed Janet Yellen. (Brendan Smialowski/AFP/Getty)
    Washington: Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden diyakini akan menominasikan mantan Gubernur The Fed Janet Yellen untuk menjabat posisi Menteri Keuangan AS. Jika terkonfirmasi, Yellen akan menjadi perempuan pertama di AS yang menduduki pos Menkeu.

    Sebelumnya, Biden juga diyakini akan menunjuk Michele Flournoy untuk menjabat Menteri Pertahanan. Flournoy juga akan menjadi perempuan pertama yang menduduki posisi Menhan jika benar terkonfirmasi.

    Baca:  Biden Diyakini akan Tunjuk Perempuan sebagai Menhan AS

    Yellen, perempuan pertama yang mencapai posisi puncak The Fed, adalah seorang ekonom handal yang telah terlibat dalam berbagai pengambilan keputusan seputar sektor finansial AS selama tiga dekade.

    Dilansir dari laman WSJ, Yellen menolak berkomentar saat dimintai konfirmasi oleh awak media. Menurut calon Kepala Staf Gedung Putih Ron Klain, beberapa nama yang masuk kabinet Biden akan diumumkan pada Selasa, 24 November 2020.

    Yellen dan Flournoy diyakini termasuk dalam nama-nama yang akan diumumkan Biden. Tokoh lainnya yang mungkin diumumkan Biden adalah Antony Blinken di jabatan Menteri Luar Negeri, Avril Haines sebagai pemimpin urusan intelijen, dan John Kerry sebagai utusan khusus untuk isu perubahan iklim.

    Sementara itu, Administrasi Layanan Umum (GSA) telah membuka akses kepada Biden untuk memulai proses transisi. Kepala GSA Emily Murphy resmi membuka akses tersebut melalui sebuah surat yang dilayangkan kepada Biden.

    Dalam suratnya, ia membantah secara sengaja telah menunda proses tersebut.
     
    "Saya menjalankan peran ini dengan serius, dan karena ada beberapa isu hukum dan sertifikasi hasil pemilu, saya baru bisa mengirimkan surat hari ini untuk memastikan semua sumber daya dan layanan-layanannya tersedia untuk Anda," tulis Murphy.

    Petahana Donald Trump juga memberikan lampu hijau kepada GSA untuk "melakukan apapun yang perlu dilakukan" demi kepentingan negara.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id