Trudeau Ancam Warga yang Tidak Mau Diam di Rumah

    Arpan Rahman - 24 Maret 2020 14:45 WIB
    Trudeau Ancam Warga yang Tidak Mau Diam di Rumah
    PM Kanada Justin Trudeau. (Foto: AFP)
    Ottawa: Perdana Menteri Justin Trudeau menyerukan kepada semua warga Kanada untuk tetap berada di dalam rumah di tengah pandemi penyakit virus korona (covid-19). Jika seruan tersebut diabaikan, maka PM Trudeau mengancam akan memberlakukan aturan yang jauh lebih keras dari saat ini.

    Trudeau telah mengisolasi diri di rumahnya di Ottawa sejak 12 Maret usai sang istri, Sophie Trudeau, dinyatakan positif covid-19. Ia memperingatkan semua warga Kanada bahwa jika mereka tidak diam di rumah, maka perilaku semacam itu dapat membahayakan masyarakat.

    "Sudah cukup. Pulang dan tetap diam di dalam rumah," kata PM Trudeau, menggunakan pemilihan kata-kata yang biasa. "Diam di rumah adalah hal yang harus dilakukan kita semua," lanjutnya, seperti disitir dari UPI, Senin 23 Maret 2020.

    Selama ini, PM Trudeau dikenal sebagai pemimpin yang menggunakan diksi santun dalam mengeluarkan pernyataan.

    "Jika kalian tidak bisa melakukan hal ini, maka pemerintah akan menegakkan aturan," ungkap PM Trudeau.

    Meski covid-19 telah mewabah di Kanada, PM Trudeau belum bersedia mendeklarasikan status darurat nasional. Namun otoritas kesehatan Kanada telah meminta semua warga untuk tetap berada di dalam rumah, dan memerintahkan agar seluruh bar dan restoran ditutup.

    Mengenai imbauan untuk tetap berada di dalam rumah, PM Trudeau mengaku kesal karena masyarakat cenderung menganggap remeh covid-19 dan mengabaikannya.

    Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins, jumlah kasus covid-19 di Australia telah melampaui 2.000 dengan lebih dari 20 kematian.

    Minggu 22 Maret, Kanada menjadi negara pertama yang menarik diri dari Olimpiade 2020. Langkah tersebut diikuti Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, yang memerintahkan agar semua orang untuk tetap diam di dalam rumah, setidaknya untuk tiga pekan ke depan.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id