36 Kru Kapal Pesiar Norwegia Positif Covid-19

    Willy Haryono - 02 Agustus 2020 13:04 WIB
    36 Kru Kapal Pesiar Norwegia Positif Covid-19
    Kapal pesiar milik perusahaan Norwegia, Hurtigruten. (Foto: Ole Martin Wold NTB Scanpix/AFP/File)
    Oslo: Sebanyak 36 kru di sebuah kapal pesiar Norwegia dinyatakan positif terinfeksi virus korona (covid-19). Mereka semua dikarantina di dalam kapal MS Roald Amundsen usai empat staf dirawat di rumah sakit akibat terjangkit covid-19.

    Kapal tersebut kini sudah berlabuh di pelabuhan Tromso, Norwegia, setelah sebelumnya bertolak dari Svalbard.

    "Dari 158 kru kapal, 36 terinfeksi (covid-19)," kata Pal Jakobsen, pejabat pemerintah kota Tromso, dilansir dari laman The Japan Times, Minggu 2 Agustus 2020.

    Perusahaan pemilik MS Roald Amundsen, Hurtigruten, sebelumnya mengindikasikan adanya 33 individu terjangkit covid-19. Hampir semua kru yang terinfeksi berasal dari Filipina, kecuali tiga lainnya asal Prancis, Norwegia, dan Jerman.

    Hurtigruten mengatakan, empat kru MS Roald Amundsen sudah diisolasi beberapa hari sebelumnya karena mereka jatuh sakit. Kala itu, keempatnya memang sakit, tapi tidak menunjukkan gejala covid-19.

    "Tidak ada alasan bagi kami untuk mencurigai covid-19 jika dilihat dari gejala-gejala yang mereka tunjukkan," sebut Hurtigruten.

    MS Roald Amundsen dinaiki hampir 180 penumpang sejak mulai berlayar pada 25 Juli. Hurtigruten mengatakan, tidak ada satu pun penumpang yang memperlihatkan gejala covid-19 selama pelayaran.

    Semua penumpang MS Roald Amundsen sudah turun dari kapal pada Jumat kemarin. Namun, saat ini sekitar 60 orang masih dikarantina di Tromso.

    Institut Kesehatan Publik Norwegia belum dapat mengesampingkan kemungkinan munculnya kasus-kasus baru covid-19. "Kami baru akan mendapat jawaban setelah semua hasil tes keluar," sebutnya.

    Berdasarkan data Johns Hopkins University pada Minggu ini, total kasus covid-19 di Norwegia mencapai 9.253 dengan 255 kematian dan 8.752 pasien sembuh.


    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id