comscore

Beredar Video Tentara Rusia Tembak Warga Sipil Ukraina dari Belakang

Fajar Nugraha - 13 Mei 2022 09:52 WIB
Beredar Video Tentara Rusia Tembak Warga Sipil Ukraina dari Belakang
Rekaman CCTV sesaat sebelum warga sipil Ukraina ditembak pasukan Rusia. Foto: AFP
Kiev: Tentara Rusia tertangkap kamera CCTV menembaki warga sipil tak bersenjata di belakang dan membunuh mereka. Penembakan seorang penjaga keamanan dan bosnya di Ukraina oleh tentara Rusia sedang diselidiki sebagai dugaan kejahatan perang.

“Insiden di pinggiran Kiev itu terjadi pada hari-hari awal invasi. Penembakan terekam dengan detail yang mengerikan di kamera CCTV,” seperti dilaporkan ITV, Jumat 13 Mei 2022.
“Dalam video tersebut, dua pria yang bekerja di sebuah garasi terlihat berbicara dengan tenang kepada tentara Rusia melalui pagar. Mereka bahkan memberi mereka beberapa rokok,” imbuh pihak ITV.

Setelah mereka berbalik, mereka ditembak dari belakang.

Penjaga keamanan itu adalah Leonid Plyats yang berusia 65 tahun, yang keluarganya mengatakan mereka ingin dunia mengetahui nasibnya.

Plyats selamat dari penembakan dan menyeret dirinya kembali ke kantornya. Di sana dia meminta bantuan, tetapi pada saat pasukan Ukraina tiba, dia sudah mati kehabisan darah.

Putrinya, Yuila, berkata: "Saya tidak bisa menonton video sekarang, tetapi saya akan menyimpannya dan meninggalkannya untuk anak-anak dan cucu saya sehingga mereka akan tahu tentang kejahatan ini dan siapa tetangga kita."

Setiap momen tertangkap kamera pengintai saat tentara mendekati unit bisnis di luar Kiev. Itu hanya satu dari ratusan pembunuhan di luar hukum yang sejauh ini didokumentasikan oleh PBB.

“Pembunuhan warga sipil ini sering kali tampak disengaja, dilakukan oleh penembak jitu dan tentara, warga sipil terbunuh ketika menyeberang jalan itu atau meninggalkan tempat perlindungan mereka untuk mencari makanan dan air,” ujar Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet.

Pejabat Ukraina telah mengumumkan penuntutan pertama atas kejahatan perang terhadap tiga tentara Rusia yang ditangkap. Tetapi pembunuh Leonid dan bosnya belum ada di antara mereka.


(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id