Indonesia Cari Alternatif Vaksin Covid-19 ke Inggris dan Swiss

    Willy Haryono - 12 Oktober 2020 07:34 WIB
    Indonesia Cari Alternatif Vaksin Covid-19 ke Inggris dan Swiss
    Menlu Retno Marsudi dalam keterangan pers virtual pada Senin, 12 Oktober 2020. (Kemenlu RI)
    Jakarta: Pemerintah Indonesia berusaha mengamankan komitmen perjanjian vaksin virus korona (covid-19) dari sumber lain selain beberapa kesepakatan yang telah disepakati saat ini. Rencananya, komitmen ini akan coba diupayakan Indonesia di Inggris dan Swiss.

    Upaya ini akan dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan tim dari Kementerian Kesehatan.

    "Tujuan utama dalam perjalanan ini adalah, mengamankan komitmen dari sumber lain, untuk vaksin covid-19 dalam rangka kerja sama bilateral," kata Menlu Retno dalam keterangan pers virtual pada Senin pagi, 12 Oktober 2020.

    Terdapat tujuan lain dari perjalanan ke Inggris dan Swiss ini. Menlu Retno nantinya akan bertemu dan berdiskusi dengan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus.

    Selain itu, rombongan RI juga akan bertemu Dirjen dari CEPI dan GAVI dalam rangka membahas kerja sama vaksin multilateral dalam kerangka COVAX Facility.

    "Perjalanan ini juga bertujuan mendorong penguatan kerja sama jangka menengah dan panjang antara Biofarma dan mitranya di luar negeri, termasuk dalam konteks multilateral," sebut Menlu Retno.

    Menlu Retno dijadwalkan bertemu Menlu Dominic Raab di Inggris, dan dengan Wakil Presiden Swiss serta beberapa perusahaan terkait.

    Pemerintah RI memastikan vaksin covid-19 akan tersedia hingga 2022. Berdasarkan data Komite Penanganan Covid-19 dan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), pemerintah akan menyediakan sekitar 227,7 juta vaksin dari Sinovac.

    Tidak hanya itu, Pemerintah RI juga sudah memesan vaksin dari Sinopharm sebanyak 10 juta di Desember 2020 dan dari Gavi Covax sebanyak 16,4 juta dosis untuk Juli 2021.

    Baca:  Indonesia Dapat Jatah Vaksin Covid-19 Hingga 20 Persen dari Populasi

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id