Kebakaran Hutan Picu Evakuasi Masif di Napa Valley California

    Willy Haryono - 28 September 2020 11:23 WIB
    Kebakaran Hutan Picu Evakuasi Masif di Napa Valley California
    Kebakaran bernama Glass Fire melanda St Helena, California, Minggu 27 September 2020. (JOSH EDELSON/AFP/Getty)
    California: Kebakaran hutan yang diperparah tiupan angin kencang melanda Napa Valley, California utara, Amerika Serikat, pada Minggu 27 September. Kebakaran bernama Glass Fire itu dikabarkan telah menghanguskan lebih dari 400 hektare lahan, yang memicu evakuasi berskala warga berskala masif dari permukiman dan rumah sakit.

    Petugas pemadam berusaha keras memadamkan api di Napa Valley, sebuah wilayah di California yang dikenal dengan buah anggurnya. Napa Valley berjarak sekitar 120 kilometer dari San Francisco.

    Glass Fire berkobar menjelang fajar di dekat Calistoga, dan kemudian menyebar ke kota Deer Park dan St. Helena. Kobaran api terus meluas, dan hanya berjarak 1,6 kilometer dari rumah sakit Adventist Healt St. Helena.

    Total 55 pasien dari rumah sakit tersebut dievakuasi dengan ambulans dan helikopter dalam kurun waktu lima jam. "Ambulans berdatangan dari area Bay," kata juru bicara rumah sakit, Linda Williams.

    Meski St. Helena dipenuhi asap, langit di sekitar area rumah sakit relatif cerah sehingga helikopterdapat mendarat dan mengevakuasi pasien.

    Ini merupakan kebakaran hutan kedua yang melibatkan rumah sakit di St. Helena sejak Agustus lalu.

    Sebanyak 600 rumah di sekitar Napa Valley telah berada di bawah perintah evakuasi. Sekitar 1.400 warga di area tersebut diminta mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu diminta untuk mengungsi.

    Dinas Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (Cal Fire) mengaku masih menginvestigasi penyebab terjadinya Glass Fire di Napa Valley. Kebakaran terjadi saat warga Napa Valley hendak panen buah anggur, untuk kemudian dijadikan minuman


    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id