Gubernur California Gavin Newsom Selamat dari Pelengseran via Referendum

    Willy Haryono - 15 September 2021 12:54 WIB
    Gubernur California Gavin Newsom Selamat dari Pelengseran via Referendum
    Gubernur California Gavin Newsom dalam sebuah acara di San Leandro, 8 September 2021. (SAUL LOEB / AFP)



    California: Gubernur California Gavin Newsom berhasil selamat dari upaya pelengseran yang ditujukan kepada dirinya melalui referendum negara bagian. Sebagian besar warga California yang mengikuti referendum pada Selasa kemarin menilai Newsom masih layak menjadi gubernur mereka.

    Referendum California digelar setelah petisi mengenai kecaman penanganan pandemi Covid-19 oleh Newsom mencapai lebih dari 2 juta tanda tangan. Agar referendum dapat digelar, setidaknya dibutuhkan 1,5 juta tanda tangan.

     



    Baca:  Referendum California Dimulai, Nasib Gubernur Gavin Newsom di Ujung Tanduk

    Dalam referendum ini, warga California disodori dua pertanyaan: "apakah Newsom masih layak menjadi gubernur" dan "jika tidak layak, siapa tokoh yang layak menggantikan Newsom."

    Hasil ini menjadikan Newsom sebagai gubernur kedua dalam sejarah Amerika Serikat yang selamat dari referendum kelayakan, atau disebut di AS sebagai recall election.

    Dikutip dari ABC, Rabu, 15 September 2021, kemenangan Newsom ini juga mengukuhkan posisinya sebagai salah satu politikus ternama Partai Demokrat. Peluang agar dirinya maju sebagai capres AS dari Demokrat untuk pemilu 2024 juga masih terbuka lebar.

    Rival terberat Newsom dalam referendum ini adalah tokoh Republik Larry Elder, seorang pembawa acara talk show yang secara terbuka mendukung mantan presiden AS Donald Trump. Ia pernah secara terang-terangan mengikuti klaim Trump mengenai adanya kecurangan dalam pemilu 2020.

    Menyadari kehadiran Elder, Newsom berusaha menjadikan referendum ini sebagai pemilihan antar dua tokoh, bukan mengenai kinerja penanganan Covid-19. Newsom dan Demokrat melabeli Elder sebagai pendukung fanatik Trump.

    Senin malam lalu, Presiden AS Joe Biden sempat mengunjungi California untuk mendukung Newsom. Ia mengingatkan konsekuensi jika California jatuh ke tangan Republik, terutama dalam hal penanganan pandemi. Biden sempat menyebut Elder sebagai tokoh "kloning" dari Trump.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id