AS Sita Empat Tanker Minyak Iran Tujuan Venezuela

    Willy Haryono - 15 Agustus 2020 11:26 WIB
    AS Sita Empat Tanker Minyak Iran Tujuan Venezuela
    Bella, satu dari empat tanker minyak Iran yang disita oleh AS. (Foto: US JUSTICE DEPARTMENT)
    Washington: Amerika Serikat mengaku telah menyita empat tanker minyak Iran yang hendak dikirim ke Venezuela. Penyitaan ini disebut-sebut sebagai yang terbesar dilakukan AS terhadap tanker Iran.

    Menurut keterangan Departemen Hukum AS, dilansir dari laman BBC, Sabtu 15 Agustus 2020, sekitar 1,1 juta barel minyak dari empat tanker Iran telah disita "lewat bantuan sejumlah mitra asing."

    "Kami telah berhasil mengeksekusi penyitaan minyak bernilai jutaan dolar milik Korps Garda Revolusioner Iran (IRGC)," ujar pernyataan Departemen Hukum AS pada Jumat 14 Agustus.

    IRGS adalah cabang dari pasukan bersenjata Iran yang dinyatakan AS sebagai organisasi teroris asing. "Barang sitaan ini kini berada di pihak AS," sambung pernyataan Departemen Hukum AS tanpa menyebutkan detail lokasi maupun tanggal penyitaan.

    AS mengenai Angkatan Laut Iran sempat berusaha mengambil kembali minyak yang disita, namun berakhir gagal. Saat ini belum diketahui pasti ada di mana empat kapal Iran tersebut, yang masing-masing bernama Bella, Bering, Pandi dan Luna.

    Washington menyebut minyak yang hendak dikirim ke Venezuela itu merupakan bentuk pelanggaran terhadap sanksi ekonomi AS. Duta Besar Iran untuk Venezuela Hojat Soltani mengklaim keempat kapal maupun pemiliknya bukan berasal dari Iran.

    "(Penyitaan) ini adalah perang psikologi yang dilakukan mesin propaganda AS," tulis Soltani di Twitter.

    Ketegangan antara Iran dan AS meningkat sejak Washington secara sepihak menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 sekitar dua tahun lalu.


    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id