Kapten Kapal Induk AS Terimbas Covid-19 Dicopot dari Jabatan

    Fajar Nugraha - 03 April 2020 11:07 WIB
    Kapten Kapal Induk AS Terimbas Covid-19 Dicopot dari Jabatan
    Komandan kapal induk Amerika Serikat USS Theodore Roosevelt, Brett Crozier. Foto: AFP
    Washington: Komandan Kapal Induk USS Theodore Roosevelt pada akhirnya dicopot dari jabatannya sebagai kapten kapal. Kapten Brett Crozier sebelumnya menyebarkan surat permintaan kepada atasannya untuk bertindak cepat mencegah penyebaran virus korona di kapal berawak hampir 5.000 orang itu.

    Namun penjabat Menteri Angkatan Laut AS Thomas Modly mengatakan,  “komandan melakukan penilaian yang sangat buruk".

    Baca: Angkatan Laut AS Bebaskan Kapten Kapal Induk Roosevelt dari Hukuman.

    “Hari ini atas arahan saya, komandan USS Theodore Roosevelt, Kapten Brett Crozier, dibebaskan dari rantai perintah. Keputusan ini dikeluarkan oleh komandan kapal induk Laksamana Muda Stewart Baker," kata Modly dalam jumpa pers Pentagon, seperti dikutip CNN, pada Kamis 2 April atau Jumat 2 April waktu Indonesia.

    Modly mengatakan kepada wartawan bahwa Crozier telah dicopot dari jabatannya karena menunjukkan "penilaian yang sangat buruk" dan menciptakan "badai api" dengan terlalu luas menyebarkan memo yang merinci keprihatinannya. Surat itu pun disalin oleh sekitar 20 hingga 30 orang.

    Menurut Modly, Crozier tidak dipindahkan karena ada bukti yang menunjukkan dia membocorkan memo itu kepada pers. Padahal menurut Modly, kapten seharusnya bertindak secara profesional saat menghadapi isu covid-19.

    Salah satu alasan Crozier dicopot juga karena pelaut senior itu melanggar rantai komando dan mengirim memo ke sistem yang tidak aman. Hal tersebut menambah kemungkinan kebocoran.

    "Dia mengirimkannya secara luas, dan dalam mengirimkannya secara luas dia tidak berhati-hati untuk memastikan bahwa itu tidak dapat bocor, dan itu adalah bagian dari tanggung jawabnya, menurut saya," kata Modly.

    "Saya sama sekali tidak menerima tekanan. Saya tidak memiliki komunikasi dengan Gedung Putih mengenai hal ini," tambahnya.

    “Ketika saya mantap dengan tekad ini kemarin, saya menelepon (Menteri Pertahanan) Esper dan mengatakan kepadanya bahwa ini adalah arah yang saya tuju dan dia mengatakan dia akan mendukung keputusan saya apa pun itu,” tegas Modly.

    Bagi Modly, surat Crozier menciptakan kesan bahwa Angkatan Laut tidak menanggapi pertanyaannya. Selain Itu menciptakan persepsi bahwa Angkatan Laut tidak bekerja, pemerintah tidak bekerja.


    Kecaman untuk Modly


    Partai Demokrat di Komite Angkatan Bersenjata DPR mengecam langkah langkah Modly.

    "Sementara Kapten Crozier dengan jelas ke luar rantai komando, pemecatannya pada saat yang kritis ini -,ketika para Pelaut di atas kapal USS Theodore Roosevelt dihadapkan dengan pandemi covid-19,- adalah langkah destabilisasi yang kemungkinan akan menempatkan prajurit pada risiko yang lebih besar dan membahayakan kesiapan armada kami,” ujar pernyataan partai.

    Baca: Warga Guam Keberatan Terima Ribuan Pelaut AS Terduga Covid-19.

    "Pandemi covid-19 menghadirkan serangkaian tantangan baru dan masih banyak yang belum kita ketahui. Kapten Crozier benar-benar prihatin dengan kesehatan dan keselamatan krunya, tetapi dia tidak menangani tekanan besar dengan tepat. Namun, membebaskannya dari tekanan perintah adalah reaksi berlebihan," tambah anggota parlemen.

    Hingga saat ini jumlah kasus positif virus korona covid-19 di kalangan militer AS terus meningkat. Seorang pejabat pertahanan AS mengatakan kepada CNN Kamis pagi bahwa 114 pelaut dari USS Theodore Roosevelt telah dinyatakan positif terkena virus itu, mewakili lebih dari 10 persen dari semua kasus di militer AS.

    Wabah di kapal meningkat dengan cepat. Pekan lalu Pentagon mengonfirmasi tiga pelaut di Roosevelt telah dinyatakan positif, dan jumlah itu meningkat menjadi 25 dua hari kemudian. Naik ke setidaknya 70 pada Selasa dan lebih dari 100 pada Kamis. Pada Senin, seorang pejabat pertahanan AS mengatakan kepada CNN bahwa kapal induk AS kedua, USS Ronald Reagan, menghadapi ‘sedikit’ kasus positif covid-19.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id