WHO Hentikan Uji Klinis Hidroksiklorokuin untuk Pasien Covid-19

    Willy Haryono - 05 Juli 2020 12:00 WIB
    WHO Hentikan Uji Klinis Hidroksiklorokuin untuk Pasien Covid-19
    Hidroksiklorokuin disebut WHO hanya sedikit atau tidak mengurangi sama sekali angka rata-rata kematian di kalangan pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit. (Foto: GEORGE FREY/AFP/GETTY)
    Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghentikan uji klinis obat jenis hidroksiklorokuin dan lopinavir/ritonavir untuk pengobatan pasien virus korona (covid-19). WHO menilai obat-obat tersebut hanya sedikit, atau bahkan tidak, mengurangi angka rata-rata kematian pasien covid-19.

    WHO mengatakan keputusan diambil berdasarkan hasil uji klinis yang telah dilakukan dalam program Solidarity Trial.

    "Hasil uji interim ini menunjukkan bahwa hidroksiklorokuin dan lopinavir/ritonavir hanya sedikit atau tidak mengurangi sama sekali angka rata-rata kematian di kalangan pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit," ujar WHO, dilansir dari Xinhua, Minggu 5 Juli 2020.

    "Investigator Solidarity Trial akan segera menghentikan uji klinis ini," sambungnya, dalam sebuah keterangan pers.

    Namun WHO menekankan bahwa keputusan ini hanya berlaku bagi pasien covid-19 yang sedang dirawat di rumah sakit. WHO menyebut penghentian uji klinis tidak berimbas pada evaluasi lebih lanjut hidroksiklorokuin atau lopinavir/ritonavir terhadap pasien covid-19 yang tidak dirawat di rumah sakit.

    Solidarity Trial dibentuk WHO pada Maret lalu untuk menemukan pengobatan efektif covid-19 bagi pasien yang dirawat di rumah sakit. Program ini awalnya didesain untuk memiliki lima fokus uji klinis, termasuk standar perawatan pasien covid-19, remdesivir, lopinavir/ritonavir gabungan, lopinavir/ritonavir yang digabung dengan interferon beta, dan hidroksiklorokuin atau klorokuin.

    Dengan menerima pasien dari berbagai negara, Solidarity Trial bertujuan menemukan obat apapun yang dapat memperlambat serangan covid-19 dan meningkatkan kesembuhan di kalangan pasien covid-19.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id