India Akan Ekspor 8 Juta Vaksin Covid-19 di Akhir Oktober

    Willy Haryono - 26 September 2021 20:05 WIB
    India Akan Ekspor 8 Juta Vaksin Covid-19 di Akhir Oktober
    PM India Narendra Modi (kiri) dalam pertemuan dengan pemimpin negara Quad di Gedung Putih, Washington, 24 September 2021. (POOL / Getty / AFP)



    Washington: Pemerintah India akan mengekspor delapan juta vaksin Covid-19 di akhir Oktober. Menurut keterangan seorang pejabat Kementerian Luar Negeri India, ekspor akan dilanjutkan usai pemerintah mengakhiri larangan mengirim vaksin Covid-19 ke luar negeri.

    Dalam pertemuan dengan negara-negara Quad di Gedung Putih di Washington, Perdana Menteri India Narendra Modi berjanji melanjutkan ekspor vaksin covid-19.

     



    Menteri Luar Negeri India Vardhan Shringla mengatakan kepada awak media pada Sabtu kemarin bahwa sebagian besar delapan juta vaksin dosis tunggal Johnson & Johnson akan dikirim ke sejumlah negara di Asia-Pasifik.

    Baca:  Johnson & Johnson Yakin Vaksin Booster Mereka 94 Persen Efektif

    "(Pasokan vaksin) ini akan siap dikirim di akhir Oktober. Ini adalah pengiriman cepat, dari Quad ke kawasan IndoPasifik," tutur Shringla, dilansir dari laman AFP, Minggu, 26 September 2021.

    India merupakan salah satu produsen terbesar vaksin global. Sebelumnya pada tahun ini, India berkomitmen mengekspor satu miliar vaksin Covid-19 hingga akhir Desember 2022.

    Namun komitmen ekspor tersebut terhambat karena meningkatnya kebutuhan vaksin dalam negeri di tengah gelombang Covid-19.

    Otoritas India telah mencabut larangan ekspor vaksin pekan ini, di tengah semakin menurunnya angka kasus dan kematian harian akibat Covid-19.

    Dalam gelombang Covid-19 di India antara Maret dan Mei lalu, angka infeksi mencapai puluhan juta dengan korban tewas menyentuh kisaran 250 ribu.

    Saat ini India telah menyuntikkan hampir 840 juta dosis vaksin Covid-19. Hampir separuh dari total populasi orang dewasa di India telah menerima setidaknya satu dosis, dan 16 persen lainnya sudah mendapat dosis kedua.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id