comscore

Rusia Selidiki Dampak Tumpahan Minyak Mentah Kapal Tanker Yunani di Laut Hitam

MetroTV - 13 Agustus 2021 06:50 WIB
Rusia Selidiki Dampak Tumpahan Minyak Mentah Kapal Tanker Yunani di Laut Hitam
Tangkapan layar Metro TV
Novorossiysk: Pemerintah Rusia menyelidiki kasus tumpahan minyak mentah dari kapal tanker Minerva Symphony asal pelabuhan Piraeus, Yunani, di Laut Hitam. Dilansir dari RBC, Kejaksaan Agung Rusia disebut tengah memulai pemeriksaan. 

Kuzbasskaya Toplivnaya Company (KTK) menyatakan area kontaminasi seluas 200 meter persegi dengan volume minyak tumpah sekitar 12 meter kubik. 
"Konsentrasi tinggi dan sangat berbahaya, komposisinya adalah minyak mentah. Kerusakan terbesar akan terjadi di Utrish,” kata Aktivis Lingkungan Environmental Watch on North Caucasus (EWNC), Evgeny Vitishko, Kamis, 12 Agustus 2021.

Para pemerhati lingkungan pun mengatakan kecelakaan ini sebagai kecelakaan paling global di Rusia Selatan selama 10 tahun terakhir. Volume minyak di Laut Hitam disebut dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada ekosistem laut dan kesehatan manusia.

"Beberapa produk minyak akan mengendap di dasar dan menyebabkan keracunan ikan dan organisme dasar,” jelas Kepala Iklim dan Energi di Greenpeace Rusia, Vasily Yablokov.

Bahkan, Kantor Kejaksaan Agung Rusia menetapkan kerusakan pada lingkungan laut, sumber daya hayati akuatik, tanah, dan pada kawasan alam dilindungi secara khusus dari cagar alam di salah satu negara bagian.

Di samping itu, Shirshov's Institute of Oceanology RAS pun menyebut terdapat penyembunyian indikator guna menghindari hukuman. Media lokal Rusia berharap berbagai angka, data, dan laporan yang diberikan terkait kelanjutan kasus ini benar dan tidak mengada-ngada.

"Ada indikasi manajemen perusahaan melarikan diri dan melaporkan informasi palsu ke media,” kata Vitishko. (Nadia Ayu)

(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id