Asap Kebakaran Hutan di Amerika Serikat Mencapai Eropa

    Fajar Nugraha - 17 September 2020 10:08 WIB
    Asap Kebakaran Hutan di Amerika Serikat Mencapai Eropa
    Warga melihat daya rusak kebakaran hutan yang terjadi di Amerika Serikat (AS). Foto: AFP


    Salah satu kobaran api di dekat Los Angeles, yang dijuluki Bobcat Fire, ditutup di sebuah observatorium bersejarah pada Selasa tetapi kru berhasil melindungi struktur tersebut.

    Selain California, yang telah menanggung beban terbesar dari total korban tewas lebih dari 30, negara bagian Oregon dan Washington juga mengalami rekor kebakaran yang telah merambah pusat populasi utama.

    Di Oregon, 10 orang tewas dalam kebakaran yang dipicu oleh kondisi kering. Hujan diharapkan membawa bantuan yang sangat dibutuhkan untuk beberapa bagian Oregon dan Washington pada Rabu.

    Api di sepanjang Pantai Barat  sejauh ini telah menghanguskan lebih dari dua juta hektar dan memaksa puluhan ribu orang mengungsi.

    Bencana tersebut telah membawa isu pemanasan global ke garis depan kampanye kepresidenan AS, dengan waktu kurang dari dua bulan sebelum pemilu.

    Secara historis sulit untuk membuktikan hubungan antara peristiwa cuaca ekstrim individu dan perubahan iklim. Namun, ada bukti yang berkembang yang menunjukkan kobaran api seperti yang terjadi di AS tidak akan begitu kuat dan meluas tanpa pemanasan yang disebabkan umat manusia di Bumi selama era industri.

    Secara umum, perubahan iklim telah terbukti meningkatkan kekeringan yang mengeringkan daerah, menciptakan kondisi ideal untuk kebakaran hutan. Sedangkan dampak ekonomi dari kebakaran tahun ini diperkirakan akan mengejutkan, dengan seorang ahli memperkirakan kerusakan lebih dari USD20 miliar.

    Pihak berwenang juga telah memperingatkan bahwa asap dari kebakaran dapat memperburuk pandemi virus korona, karena orang-orang yang terpaksa mengungsi mencari perlindungan di akomodasi bersama. Menghirup asap dan abu juga bisa semakin melemahkan paru-paru orang yang terinfeksi virus dan merusak sistem kekebalan.


    (FJR)
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    BACA JUGA

    MORE

    BERITA LAINNYA

    BERITA INTERNASIONAL

    MORE

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id