Biden Tambah Kuota Penerimaan Pengungsi Menjadi 62.500

    Willy Haryono - 04 Mei 2021 06:37 WIB
    Biden Tambah Kuota Penerimaan Pengungsi Menjadi 62.500
    Presiden AS Joe Biden saat berada di Virginia pada 3 Mei 2021. (MANDEL NGAN / AFP)



    Washington: Presiden Amerika Serikat Joe Biden menambah kuota penerimaan pengungsi tahun ini menjadi 62.500. Penambahan dilakukan di tengah gelombang kritik karena Biden pernah berencana mempertahankan kuota pengungsi era Donald Trump.

    Sebelumnya, pemerintahan Biden mengumumkan bahwa kuota penerimaan pengungsi ke AS sebesar 15 ribu yang telah ditetapkan Trump akan dipertahankan. Pernyataan itu memicu kritik keras dari internal Partai Demokrat.






    Dalam sebuah pernyataan, Biden mengatakan langkah terbaru ini "menghapus angka rendah pemerintahan terdahulu, yang tidak merefleksikan nilai-nilai Amerika yang menyambut dan mendukung pengungsi."

    "Merupakan hal penting untuk mengambil tindakan, untuk menghapus keraguan di kalangan pengungsi di seluruh dunia yang telah begitu menderita, dan mereka yang berharap untuk memulai kehidupan baru mereka," sambungnya, dilansir dari laman France 24 pada Selasa, 4 Mei 2021.

    Setelah menjadi presiden AS pada Januari lalu, Biden berjanji untuk meningkatkan program penerimaan pengungsi. Namun pernyataan bahwa ia akan mempertahankan kuota pengungsi era Trump mengejutkan Demokrat karena angka tersebut dinilai sangat rendah. Tak lama setelahnya, Biden menarik ucapannya.

    Sikap plin-plan Biden telah memicu kecaman dari advokat pengungsi dan sejumlah tokoh Demokrat.

    Baca:  100 Hari Joe Biden, Apakah Lebih Baik dari Donald Trump?

    Trump secara bertahap memangkas jumlah penerimaan pengungsi dalam periode empat tahun. Pemerintahan Biden mengatakan, langkah Trump tersebut membuat penambahan kembali kuota menjadi semakin sulit.

    Program pengungsi berbeda dengan pencari suaka. Pengungsi menjalani pemeriksaan ekstensif di negaranya agar bisa masuk ke AS. Sementara imigran datang begitu saja ke perbatasan AS dan meminta suaka.

    Mengenai penambahan kuota pengungsi, Biden mengaku belum dapat menyambut total 62.500 pada tahun ini. "Kita belum dapat mencapai 62.500 tahun ini. Tapi kami berusaha untuk memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan sejak empat tahun terakhir," ungkap Biden.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id